Style

Ini tips membersihkan perhiasan batu mulia agar tetap berkilau

Kamis, 13 Februari 2020 | 11:05 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tips membersihkan perhiasan batu mulia agar tetap berkilau

ILUSTRASI. Jangan membersihkan perhiasan batu mulia sembarang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengenakan perhiasan dengan batu mulia akan meningkatkan sisi anggun pada seorang perempuan. Namun, menjaga dan merawat perhiasan semacam itu ternyata bukan hal yang mudah. 

Banyak orang tidak tahu cara merawat perhiasan batu mulia, dan bahkan membiarkannya kotor. "Perhiasan yang kotor akan mempengaruhi kilau perhiasan. Jika dibiarkan, kotoran itu akan menggumpal, khususnya berlian," kata Airyn Tanu, COO Passion Jewelry. 

"Apabila perhiasan yang dipakai setiap hari, dalam waktu satu minggu pasti ada bagian yang kotor. Jadi tidak usah takut membersihkannya," jelas dia. Salah satu cara membersihkan perhiasan dengan batu mulai bisa menggunakan ultrasonic cleanser.

Baca Juga: Kekhawatiran virus corona meluas, investor malah tinggalkan emas

Namun, Airyn mengingatkan, tidak semua jenis batu mulia bisa dibersihkan dengan ultrasonic cleanser

"Untuk sapphire dan ruby, bisa dengan ultrasonic cleanser. (Atau) gunakan air hangat, rendam perhiasan di dalam bowl selama lima menit lalu disikat dengan sikat gigi yang halus," kata Airyn. 

"Tetapi batu seperti emerald, tidak boleh dibersihkan menggunakan ultrasonic cleanser karena akan merusaknya," lanjutnya. 

Selain itu, Airyn juga mengingatkan untuk menghindari membersihkan perhiasan di wastafel. "Lebih baik menggunakan mangkuk, karena bisa jadi ada berlian yang kendur dan jatuh," tegas dia. 

Selain itu, saat sudah selesai dibersihkan, jangan menggunakan handuk kasar untuk mengeringkan. Carilah kain halus. "Karena serat pada handuk membuat 'prong' atau bagian perhiasan tersangkut," pungkas Airyn. (Gading Perkasa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Bersihkan Perhiasan Batu Mulia agar Tetap Berkilau".


Editor: Anna Suci


Terbaru