Sport

Inilah 10 atlet eSports Indonesia dengan penghasilan terbesar

Selasa, 20 Agustus 2019 | 23:07 WIB   Reporter: Ahmad Ghifari
Inilah 10 atlet eSports Indonesia dengan penghasilan terbesar

ILUSTRASI. eSport yang dulu dipandang sebelah mata kini telah semakin diperhitungkan dan mampu mendatangkan pundi penghasilan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran olahraga elektronik atau yang dikenal dengan eSports kini semakin berkembang di Tanah Air. eSport yang dulu sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang kini telah semakin diperhitungkan.

Dunia eSport saat ini dianggap menjanjikan karena kompetisi-kompetisi besar semakin sering diadakan, baik kompetisi lokal maupun internasional. Ditambah lagi hadiah yang diberikan juga nilainya fantastis untuk sebuah event besar.

Apalagi jika sebuah tim itu sudah dianggap punya nama di jajaran tim profesional, tawaran kerjasama dari beberapa brand juga akan menambah pundi-pundi penghasilan seorang atlet eSports.

Perkembangan eSports di Tanah Air juga mendapat dukungan Presiden Joko Widodo serta Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. eSports juga telah dimasukan daftar cabang olahraga Asian Games 2018 di Indonesia dan Sea Games 2019 di Filipina, November 2019 mendatang.

Dikutip dari esportsearnings.com, Selasa (20/8), terdapat sepuluh nama atlet esports Indonesia dengan pendapatan terbesar berdasarkan penghasilan dari turnamen yang telah dimenangkan. Pendapatan ini tidak termasuk endorsement serta penghasilan dari live streaming yang juga mereka dapatkan.

Sebetulnya, pendapatan dari hadiah turnamen saja sudah bisa menjadi patokan atau gambaran kasar pendapatan para atlet esports sekarang ini

Berikut pendapatan 10 atlet esports Indonesia terbesar (Kurs memakau patokan 1 US$=Rp 14.300):

1. Hansel ‘BnTeT’ Ferdinand

Posisi pertama diduduki atlet esports dari divisi Counter Strike: Global Offensive atau CS:GO, Hansel Ferdinand atau biasa yang dikenal dengan ‘BnTeT. Bermain bersama Tyloo tim asal China dari tahun 2017 silam, hingga saat ini total uang yang sudah dikantongi sebesar US$110.315,51 atau sekitar Rp 1,5 miliar.

2. Kevin ‘xccurate’ Susanto

Posisi kedua diduduki pemain atau atlet esports dari cabang yang sama yaitu Counter Strike:Global Offensive atau CS:GO, Kevin Susanto atau yang biasa dikenal dengan Xccurate. Dia merupakan mantan rekan satu tim BnTeT di Tyloo. Kevin, yang merupakan pemain asal Indonesia, posisinya mulai tergeser di TYLOO setelah mendatangkan WingHei ‘Freeman’ Cheung. Kevin yang berstatus pemain cadangan tersebut, akhirnya resmi pindah ke BTRG dan menggantikan posisi BinJie ‘Cate’ Wang.

Tercatat, Xcurrate sudah mengantongi US$ 68.340,94 atau sekitar Rp 977 juta.

Editor: Komarul Hidayat
Tag


Terbaru