Inilah 7 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Notifikasi Layar HP

Minggu, 23 Juni 2024 | 12:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Inilah 7 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Notifikasi Layar HP

ILUSTRASI. Cara mengatasi data seluler tidak muncul. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


TIPS & TRIK - JAKARTA. Simak panduan mengatasi data seluler tidak muncul di layar HP. Jika Anda mengalami masalah dengan data seluler yang tidak muncul di perangkat Android Anda, berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba.

Pengguna gadget dengan kartu SIM biasanya memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai keperluan komunikasi.

Data seluler adalah layanan yang ditawarkan oleh operator seluler, memungkinkan pengguna HP untuk mengakses internet melalui jaringan operator tersebut.

Saat data seluler aktif, perangkat Anda terhubung ke jaringan seluler operator, seperti 3G, 4G, atau 5G, untuk mengirim dan menerima data.

Baca Juga: Cara Akses Halo BCA Lewat WhatsApp dan Call Center dengan Mudah dan Cepat

Cara mengatasi data seluler tidak muncul

Layanan pelanggan operator telekomunikasi

Ketersediaan data seluler dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kekuatan sinyal dan keberadaan layanan paket internet dari operator.

Saat Anda menggunakan data seluler, HP Anda terhubung ke jaringan seluler operator, seperti jaringan 3G, 4G, atau 5G, untuk mengirim dan menerima data.

Keberadaan data seluler tentu dipengaruhi oleh kekuatan sinyal hingga keberadaan layanan pembelian paket internet.

Data seluler dapat dibatasi melalui pengaturan di HP agar pengguna dapat memantau penggunaannya. Sayangnya, masalah data seluler bisa saja menimpa pengguna HP dengan beberapa faktor.

Beberapa alasan mengapa data seluler mungkin tidak muncul di HP Anda mulai dari faktor perangkat hingga provider. Intip panduan dalam mengatasi data seluler tidak muncul dengan mudah dan praktis dilansir dari Android Authority.

Baca Juga: Ini Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone lewat Operator hingga Quick Transfer

1. Aktifkan Ulang Data Seluler 

Pastikan Anda mencoba untuk mengaktifkan ulang fitur data seluler pada HP Anda. Di sebagian besar HP, pengguna dapat menemukan pengaturan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan data seluler di menu Pengaturan atau Konfigurasi Jaringan.

2. Jaringan Tidak Tersedia

Apabila Anda berada di area dengan cakupan jaringan yang lemah atau tidak ada sinyal seluler, maka data seluler tidak akan muncul.

Periksa apakah Anda berada di area yang memiliki sinyal yang memadai atau pindah ke lokasi dengan cakupan yang lebih baik.

3. Batas Kuota Data

Pengguna bisa saja telah mencapai batas kuota data bulanan, operator mungkin membatasi akses data seluler Anda. Periksa saldo atau kuota data melalui aplikasi atau layanan pelanggan operator.

4. Batasan Penggunaan Data

Setiap perangkat pada awalnya memiliki fitur untuk membatasi penggunaan data pada besaran tertentu. Hal tersebut dapat memungkinan jaringan perangkat bisa dimatikan secara otomatis.

Periksa pengaturan tersebut aktif atau tidak yang bisa saja menjadi cara mengatasi data seluler tidak muncul.

5. Masalah Operator

Terkadang, masalah teknis pada jaringan operator dapat menyebabkan data seluler tidak muncul. Dalam hal ini, pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan operator untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

6. Reset pengaturan jaringan

Ini mungkin terkait dengan jaringan, jadi menyetel ulang setelan jaringan Anda ke default pabrik dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatur ulang pengaturan jaringan adalah melalui aplikasi Pengaturan. Pilih Sistem lalu Masuk ke opsi Reset. Buka bagian Reset Wi-Fi, seluler & Bluetooth lalu klik Atur ulang pengaturan.

7. Pengaturan APN yang Salah

Pengaturan APN (Access Point Name) merupakan pengaturan yang diperlukan untuk menghubungkan HP Anda ke jaringan seluler.

Saat pengaturan APN tidak benar, data seluler mungkin tidak muncul. Anda dapat memeriksa pengaturan APN di pengaturan jaringan atau menghubungi operator untuk mendapatkan pengaturan yang tepat.

Jika masalah dengan data seluler berlanjut, disarankan untuk menghubungi operator Anda atau mendapatkan bantuan teknis dari pusat layanan.

Itulah penjelasan terkait cara mengatasi data seluler tidak muncul dari faktor-faktor yang dapat dialami pengguna.

Selanjutnya: FWD Group Gandeng AWS Perpanjang Kolaborasi Teknologi Cloud

Menarik Dibaca: 9 Makanan Kontradiktif yang Tak Boleh Disantap Bersama Buah Jeruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru