Inilah Aplikasi Hp untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Jumat, 14 Januari 2022 | 05:05 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah Aplikasi Hp untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Simak daftar aplikasi di handphone (hp) yang bisa membantu kita menurunkan berat badan. Bahkan, dengan memanfaatkan aplikasi di hp tersebut, kita bisa menurunkan berat badan tanpa harus menjalani diet ketat.

Ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara mudah tanpa diet ekstrem. Aplikasi smartphone ini dapat digunakan untuk memantau perkembangan diet Anda dari hari ke hari, salah satunya dengan fitur pengaturan pola makan.

Anda bisa memantau dengan mudah makanan apa saja yang telah Anda konsumsi dalam satu hari melalui aplikasi ini. Selain itu, aplikasi smartphone ini juga bisa melacak kandungan kalori atau nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Jadi, Anda tidak perlu repot mengingat makanan apa yang Anda konsumsi dalam satu waktu. Aplikasi akan melakukan pemantauan dan pencatatan dari kandungan makanan Anda secara berkala.

Sedikit informasi, diet memiliki dua pola, yakni diet ekstrem dan diet biasa. Diet esktrim membutuhkan perubahan gaya hidup secara total untuk menurunkan berat badan.

Diet ekstrem biasanya mengharuskan Anda untuk olahraga dengan keras, mengatur pola makan secara ketat, dan sebagainya. Sedangkan diet ringan atau biasa, hanya perlu mengatur pola makan dengan konsisten.

Baca Juga: 5 Olahraga Menurunkan Berat Badan, Tertarik Mencoba?

Aplikasi-aplikasi di bawah dapat membantu Anda menjalankan diet ringan sesuai kebutuhan Anda. Berikut KompasTekno rangkum aplikasi yang bisa membantu cara menurunkan berat badan secara mudah tanpa diet ekstrem.

1. Lose it!

Aplikasi di hp yang pertama untuk membantu menurunkan berat badan dengan mudah tanpa diet ketat adalah dengan menggunakan aplikasi Lose it! Lose It! merupakan salah satu aplikasi untuk membantu menurunkan berat badan yang cukup popular.

Aplikasi ini mampu menyediakan data tentang kandungan dari banyak jenis makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur perencanaan diet melalui aplikasi ini.

Dengan perencanaan diet, Anda dapat melihat jumlah kalori dan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan informasi jumlah kalori dari makanan Anda di Lose it!. Aplikasi ini juga bisa memuat statistik perubahan berat badan Anda. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

2. Lifesum

Aplikasi di hp yang kedua untuk membantu menurunkan berat badan dengan mudah tanpa diet ketat adalah dengan menggunakan aplikasi Lifesum. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengatur cara diet yang tepat untuk Anda karena bisa disesuaikan dengan gaya hidup atau kebiasaan Anda.

Dengan fitur penyesuaian diet, Anda dapat dengan mudah menurunkan berat badan tanpa harus merasa tersiksa. Di Lifesum, Anda juga akan memperoleh skor ketika berhasil mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, minum cukup air, dan sebagainya.

Semakin banyak skor yang Anda peroleh, bakal semakin bagus juga kemajuan dari rencana diet yang Anda buat di Lifesum. Aplikasi ini juga memiliki banyak kumpulan resep makanan sehat yang bisa Anda coba. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

3. Fatsecret

Aplikasi di hp yang ketiga untuk membantu menurunkan berat badan dengan mudah tanpa diet ketat adalah dengan menggunakan aplikasi Fatsecret. Fatsecret memiliki fitur yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa diet ekstrim.

Aplikasi bisa dibuat untuk membuat catatan harian terkait makanan apa saja yang telah Anda konsumsi. Fatsecret juga memiliki database informasi kandungan makanan yang cukup lengkap. Jadi, Anda bisa memeriksa kandungan kalori atau nutrisi dari makanan yang hendak dikonsumsi.

Selain itu, aplikasi ini dapat memantau perkembangan diet Anda dari hari ke hari. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

4. MyFitnessPal

Aplikasi di hp yang keempat untuk membantu menurunkan berat badan dengan mudah tanpa diet ketat adalah dengan menggunakan aplikasi MyFitnessPal. Berikutnya ada MyFitnessPal, yang juga memungkinkan Anda untuk menghitung jumlah kalori yang telah masuk ke tubuh Anda dari konsumsi makanan tertentu. Penghitungan tersebut dilengkapi dengan database kandungan makanan.

Selain itu, Anda juga dapat memperoleh data terkait kandungan makanan dengan pemindai atau scan barcode. Misalnya Anda ingin makan snack, Anda tinggal scan barcode yang biasa ada di bungkusnya, kemudian aplikasi akan menampilkan seluruh informasi kandungannya. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

5. Fooducate

Aplikasi di hp yang kelima untuk membantu menurunkan berat badan dengan mudah tanpa diet ketat adalah dengan menggunakan aplikasi Fooducate. Selain aplikasi di atas, ada Foducate yang juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan tanpa diet ekstrem.

Aplikasi ini dapat memberi Anda rekomendasi tips dalam melakukan diet. Fooducate menyajikan banyak artikel tentang gaya hidup dan makanan sehat. Jadi, Anda tidak perlu diet berlebihan untuk memulai gaya hidup sehat yang baru.

Fooducate lebih cenderung berisi konten terkait edukasi, berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya yang memang khusus untuk memantau perkembangan diet Anda. Fooducate bisa menjadi pelengkap dalam memperoleh informasi terkait jumlah kalori di tiap makanan dengan database yang dimiliki.

Bahkan, Fooducate bisa digunakan untuk melacak kualitas dari kalori di makanan. Fooducate juga memiliki skor untuk menilai kualitas makanan. Semua aplikasi di atas dapat diunduh melalui Google Store (untuk Android) dan App Store (untuk iOS) secara gratis.

Demikian daftar aplikasi untuk membantu menurunkan berat badan secara mudah tanpa diet ekstrim, semoga bermanfaat dan sehat selalu. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Jangan lupa, selain menggunakan aplikasi sebagai cara untuk membantu menurunkan berat badan, Anda juga wajib berolahraga secara rutin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Aplikasi untuk Bantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ekstrem",


Penulis : Zulfikar Hardiansyah
Editor : Wahyunanda Kusuma Pertiwi

 

Selanjutnya: Pendapatan Bank dari Remitansi Pekerja Migran Masih Tumbuh

Editor: Adi Wikanto
Terbaru