Inilah Sosok yang Berhasil Menyumbang Emas Pertama di Olimpiade Paris 2024

Jumat, 09 Agustus 2024 | 04:31 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Inilah Sosok yang Berhasil Menyumbang Emas Pertama di Olimpiade Paris 2024

ILUSTRASI. Atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo, berhasil meraih emas pertama untuk Indonesia. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


OLIMPIADE - JAKARTA. Akhirnya, lagu Indonesia Raya berhasil berkumandang di Olimpiade 2024 Paris. 

Atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo, berhasil meraih emas pertama untuk Indonesia. Veddriq mengalahkan Wu Peng di Le Borguet Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024) sore.

Melansir Infopublik.id yang mengutip kemenpora.go.id, saat bermain di perempat final, Veddriq berhasil menyisihkan Bassa Mawem. 

Atlet asal Pontianak, Kalimantan Barat, itu mencetak waktu 4,88 detik berbanding 5,26 detik milik lawan.

Pada babak semifinal, Veddriq menantang Reza Alipour, atlet asal Iran yang sebelumnya mengalahkan Amir Maimuratov dengan catatan waktu 5,57 detik.

Baca Juga: Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024 Sementara: AS Kokoh di Puncak Klasemen

Sementara di semifinal lainnya, Sam Watson menantang Wu Peng. Pria asal Amerika Serikat tersebut sebelumnya menyisihkan David Julian dengan torehan waktu 5,03 detik.

Wu menyingkirkan Matteo Zurloni dengan keunggulan 0,002 detik saja, mencatat waktu 4,995 detik.

Atlet panjat tebing asal China, Wu Peng, berhasil menembus final setelah mengalahkan Watson dengan catatan waktu 4,85 detik berbanding 4,93 detik.

Kemudian, Veddriq menang atas Alipour di semifinal. Pria berusia 27 tahun itu mencatat waktu 4,78 detik, sementara lawannya mencetak 4,84 detik.

Baca Juga: Atlet Filipina Dapat Properti Senilai US$600.000 Hingga Stok Ramen Seumur Hidup

Di final, Veddriq berhadapan dengan Wu Peng. Veddriq akhirnya berhasil mempersembahkan medali emas dengan catatan waktu 4,75 detik, sementara Wu mencatat waktu 4,77 detik.

Ini merupakan medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Sebelumnya, Tanah Air baru merebut satu perunggu dari Gregoria Mariska Tunjung di cabang bulu tangkis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru