Instagram akan menghapus postingan iklan obat diet instan dan operasi kecantikan

Jumat, 20 September 2019 | 19:29 WIB Sumber: Kompas.com
Instagram akan menghapus postingan iklan obat diet instan dan operasi kecantikan

ILUSTRASI. INSTAGRAM


INSTAGRAM - JAKARTA. Jika Anda sadar, Instagram kini dibanjiri dengan produk-produk kecantikan yang menjanjikan hasil memuaskan secara instan. Salah satu contohnya adalah obat penurun berat badan yang kerap diklaim dapat membuat penggunanya lebih kurus hanya dalam hitungan hari. 

Tak hanya itu, masih banyak lagi produk kecantikan lain yang banyak dijual di Instagram, bahkan ada pula yang menawarkan "cosmetic surgery" untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang, seperti suntik botox. 

Melihat maraknya konten seperti ini, Instagram akan memperketat postingan konten terkait produk obat diet dan operasi kecantikan. Menurut Emma Collins, Public Policy Manager Instagram, kebijakan ini diambil agar Instagram bisa menghadirkan konten yang lebih positif.

Baca Juga: Begini cara praktis unggah story Instagram dan Facebook

"Kebijakan ini merupakan bagian dari pekerjaan kami yang berkelanjutan untuk mengurangi tekanan yang kadang-kadang dirasakan orang sebagai akibat dari penggunaan media sosial," ungkap Emma. 

Menurut Emma, Instagram akan menyembunyikan sejumlah konten terkait obat diet dan kecantikan dari pengguna yang belum berusia 18 tahun. Sementara iklan-iklan obat penurun badan yang menjanjikan kurus secara instan serta terlihat tidak realistis, akan dihapus dari peredaran. 

Kebijakan ini dibuat karena adanya kekhawatiran obat-obat tersebut akan memberi dampak negatif kepada anak muda. Emma menambahkan bahwa pihak Instagram juga telah meminta saran dari sejumlah ahli kebijakan media sosial. 

Baca Juga: Hanya cukup screenshot, mesin pencari Google nanti dapat bekerja

Dikutip KompasTekno dari BBC, Jumat (20/9), pada bulan Februari lalu, Direktur Medis dari National Health Service England, Stephen Powis menyerukan agar iklan obat kecantikan yang dipromosikan oleh para selebritis, dapat diblokir dari media sosial. 

Menurut Stephen, produk penurun berat badan instan memiliki efek yang merusak kesehatan secara fisik dan mental bagi anak muda. (Yudha Pratomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Instagram Bakal Hapus Postingan Iklan Obat Diet Instan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru