Intel bakal rilis GPU khusus gaming tahun 2022, siap bersaing dengan Nvidia & AMD?

Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:04 WIB   Penulis: Arif Budianto
Intel bakal rilis GPU khusus gaming tahun 2022, siap bersaing dengan Nvidia & AMD?

ILUSTRASI. Intel bakal rilis GPU khusus gaming tahun 2022, siap bersaing dengan Nvidia & AMD?


KONTAN.CO.ID - Intel bakal rilis GPU atau kartu grafis khusus gaming tahun 2022 mendatang. Apakah ini saatnya Intel bakal bersaing dengan Nvidia & AMD?

Siapa bilang menggunakan GPU atau kartu grafis Intel tidak bisa untuk bermain game? Baru-baru ini, Intel mengumumkan GPU terbarunya dengan performa tinggi yang dikenal sebagai Intel Arc.

Seperti yang kita ketahui, Intel memang masih belum bisa bersanding dengan Nvidia dan AMD untuk urusan GPU. Namun lewat produk terbarunya ini, Intel Arc generasi pertama yang memiliki code-name Alchemist.

Logo Intel Arc, kartu grafis gaming terbaru besutan Intel

Intel juga sepertinya bakal serius untuk menciptakan GPU performa tinggi di masa yang akan datang. Mereka juga telah menyiapkan code-name untuk generasi berikutnya, seperti Battlemage, Celestial dan Druid.

Mengutip dari Engadget, Siap bersaing dengan GPU modern lainnya, Intel Arch ini mendukung beberapa teknologi yang diterapkan di beberapa game terkini. Kartu grafis Alchemist ini mendukung teknologi ray tracing, mesh shading, variable rate shading dan Direct12 X Ultimate.

Kartu grafis Alchemist ini dibuat berdasarkan XE-HPG microarchitecture, perpaduan Xe LP, HP dan HPC microarchitecture. Menurut Intel, XE-HPG mampu memberikan skalabilitas dan efisiensi komputasi dengan fitur grafis canggih.

Belum banyak informasi yang bisa digali lebih dalam, Intel mengatakan detail terkait Intel Arc ini akan terungkap lebih banyak akhir tahun ini.

Baca Juga: WhatsApp siapkan fitur yang mempermudah transfer riwayat chat antara iOS dan Android

Tetapi, apakah GPU Alchemist ini mampu untuk menjalankan game esports hingga AAA (Triple A) yang cenderung berat?

Lewat video yang dibagikan, Intel memperlihatkan bahwa GPU Alchemist ini mampu menjalankan beberapa game populer. Seperti Forza Horizon 4, Psychonauts 2, PUBG PC, dan game AAA yang terkenal berat, Metro Exodus.

Tidak hanya itu saja, Crysis Remastered Trylogy juga diperlihatkan mampu dijalankan lewat Intel Arc ini.

Harus sedikit bersabar, Intel Arc ini kabarnya akan rilis kuartal pertama tahun 2022.

Apakah kehadiran Intel Arc ini mampu bersaing dengan Nvidia dan AMD di masa yang akan datang? Kehadiran Intel Arc ini juga mungkin bisa mengubah stereotype kebanyakan orang mengenai apakah bisa GPU Intel buat main game.

Selanjutnya: Fiturnya makin canggih, Android 12 Beta bisa mengontrol HP menggunakan ekspresi wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru