Internet Explorer tidak akan tersedia di Windows 11, Microsoft Edge jadi penggantinya

Senin, 28 Juni 2021 | 12:16 WIB Sumber: The Verge
Internet Explorer tidak akan tersedia di Windows 11, Microsoft Edge jadi penggantinya

ILUSTRASI. Internet Explorer tidak akan tersedia di Windows 11, Microsoft Edge jadi penggantinya.

KONTAN.CO.ID - Internet Explorer tidak akan tersedia di Windows 11. Sebagai gantinya, Microsoft Edge akan menjadi browser bawaan yang tersedia di Windows 11.

Era Internet Explorer telah berakhir di Windows 10. Menindak lanjuti pengumuman Microsoft beberapa waktu lalu terkait pensiunnya Internet Explorer, browser tersebut pun akan menghilang dari Windows 11

Menurut juru bicara Microsoft kepada The Verge, Internet Explorer tidak akan tersedia di Windows 11. Namun, MSHTML engine yang merupakan bagian dari Internet Explorer tetap tersedia di Windows 11 lewat Microsoft Edge saat menjalankan IE Mode.

ILUSTRASI: Internet Explorer 11

Baca Juga: Telegram akhirnya tambahkan fitur video call group, bisa berbagi layar juga

Dengan demikian, Microsoft Edge masih bisa mengakses sebagian situs di internet yang kontennya mungkin hanya bisa diakses lewat Internet Explorer.

Microsoft telah mengumumkan, Internet Explorer akan pensiun secara resmi pada 2022. Tidak heran, Windows 11 mulai mengadopsi Microsoft Edge sebagai browser bawaan yang bisa digunakan ketika pertama kali menggunakan OS terbaru ini.

Menengok ke belakang, Internet Explorer kerap kali hadir di setiap OS besutan Microsoft. Meskipun sempat populer ketika pertama kali rilis tahun 1995 silam, popularitas Internet Explorer mulai memudar.

Mirisnya lagi, sebagian user mungkin hanya menggunakan Internet Explorer untuk download browser lain saat pertama kali menggunakan OS Windows.

Baca Juga: Asyik! Pengguna Windows 10 bisa upgrade gratis ke Windows 11

Terlepas dari semua itu, perjalanan Internet Explorer kini dilanjutkan oleh Microsoft Edge. Sebuah browser baru besutan Microsoft yang berbasis Chromium, layaknya browser pada umumnya, seperti Google Chrome, Firefox, atau Opera.

Berbeda dengan Internet Explorer, Microsoft Edge menghadirkan beragam peningkatan. Terutama dari segi tampilan, Microsoft Edge tampil dengan penempatan tab yang berbeda.

Pengguna bisa memindahkan deretan tab yang awalnya horizontal menjadi vertikal, dengan demikian tampilan layar browser terlihat lebih luas.

Dengan ditiadakannya Internet Explorer di Windows 11, ini menjadi kali pertama Microsoft menghilangkan browser bawaannya tersebut di OS miliknya. 

Selanjutnya: Hati-hati download game di internet, hacker selipkan malware lewat game gratis

Editor: Arif Budianto
Terbaru