Intip penampakan Hyundai RM20e, mobil listrik balap terbaru dengan kekuatan 810 hp

Selasa, 29 September 2020 | 15:13 WIB Sumber: Car and Driver
Intip penampakan Hyundai RM20e, mobil listrik balap terbaru dengan kekuatan 810 hp

ILUSTRASI. Intip penampakan Hyundai RM20e, mobil listrik balap terbaru dengan kekuatan 810 hp

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hyundai resmi perkenalkan mobil balap listrik berperforma tinggi bernama Hyundai RM20e. Mobil listrik ini sebagai tindak lanjut dari mobil listrik balap Hyundai Veloster eTCR listrik yang diperkenalkan tahun lalu. Hyundai mengklaim telah membangun konsep mobil balap yang lebih bertenaga.

Mengutip dari situs Caranddriver, Hyundai RM20e sama seperti dengan Hyundai Veloster eTCR yang memiliki pemutar roda di bagian tengah. Hyundai mengklaim pengembangan Hyundai RM20e merupakan kolaborasi dengan Rimac. Hyundai RM20e menghasilkan tenaga hingga 810 horsepower dan torsi mencapai 960 Nm.

Hyundai RM20e adalah varian terbaru dalam garis panjang konsep menengah dari varian Hyundai Veloster. Menurut Hyundai istilah RM merupakan singkatan dari "Racing Midship". 

Hyundai RM20e

Menurut perusahaan Korea Selatan, mobil listrik balap tersebut adalah pengembangan secara teknik untuk menguji teknologi baru berperforma tinggi. 

Mobil listrik balap Hyundai RM20e ini dibekali dengan motor listrik tunggal 800 volt ini ditenagai oleh baterai lithium-ion 60.0-kWh. Powertrain tersebut diklaim Hyundai mampu mendorong mobil melaju pada 60 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik.

Lebih hebatnya lagi mobil listrik balap Hyundai RM20e juga mampu melaju hingga 202 km/jam dalam 9,9 detik dengan kecepatan tertinggi lebih dari 250 km/jam.

Baca Juga: Bakal segera diproduksi, begini tampang konsep mobil listrik SUV Honda e:concept

Produsen mobil tersebut mengatakan platform dan konsep mobil akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan kemitraan bersama Rimac. Tentu diprediksi Hyundai akan memproduksi lebih banyak mobil listrik balap lintasan berkekuatan tinggi di masa depan.

Hyundai RM20e

"Hyundai RM20e baru kami yang dialiri listrik mendorong platform RM yang telah terbukti dengan kuat ke dalam dekade baru yang berfokus pada lingkungan di abad ke-21. Sehingga memperluas cakupan kinerja elektrifikasi mobil," kata Director of R&D Hyundai, Albert Biermann dalam sebuah pernyataan dikutip dari Caranddriver.

Selanjutnya: Cari harga mobil bekas murah? Bisa lirik Daihatsu Ceria, kini mulai Rp 20 jutaan

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru