ITS Gandeng Kinobi Luncurkan Program Pengembangan Karier bagi Lulusan Baru

Selasa, 27 September 2022 | 14:12 WIB   Reporter: Noverius Laoli
ITS Gandeng Kinobi Luncurkan Program Pengembangan Karier bagi Lulusan Baru


PERGURUAN TINGGI -  JAKARTA. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan program pengembangan karier bagi lulusan barunya agar siap masuk dunia kerja. ITS juga memberikan sosialisasi portal karier mahasiswa hasil kerjasama dengan Kinobi tersebut.

Dengan portal baru ini, mahasiswa ITS akan mendapatakan akses ke berbagai fasilitas persiapan karier dan pendidikan seperti CV ATS-Friendly builder, portal lowongan kerja, portal informasi beasiswa, dan forum kewirausahaan yang bisa menunjang aktivitas mahasiswa dan wisudawan seperti untuk mencari kerja, membuat bisnis, bahkan meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Presiden Direktur dan juga Co-founder dari PT Kinobi Technologies Indonesia (Kinobi) Hafiz Kasman mengungkapkan kerjasama Kinobi dengan ITS ini merupakan salah satu komitmen mereka dalam mempercepat masa transisi 25 juta mahasiswa di Asia Tenggara menuju dunia kerja.

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan universitas masih berada di angka 5,98% di tahun 2021. Kami berharap dengan kerja sama ini, Kinobi dan ITS dapat berkontribusi menurunkan angka tersebut dengan membantu persiapan karier mahasiswa dengan teknologi yang kami berikan.” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (27/9).

Baca Juga: Pengangguran dan Dilema Talenta Muda

Sementara itu, Wakil Rektor ITS, Adi Soeprijanto berharap mahasiswa dapat mengamalkan ilmu dan kompetensi yang mereka dapatkan selama kuliah di ITS.

“Pastikan mahasiswa mampu memetakan karier dengan baik, apalagi adanya bantuan fasilitas yang diberikan,” ujarnya. 

Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan karier Direktorat Kemahasiswaan ITS Arief Abdurrakhman menambahkan bahwa guna menunjang Career Development Program (CDP) ini, ITS bekerja sama dengan 200 mitra baik dari perusahaan, pemerintah, penyedia beasiswa, investor dan lain-lain.

CDP memfasilitasi wisudawan untuk mendapatkan konsultasi karier dengan alumni ITS, peningkatan skill berupa sertifikasi, dan pelatihan berbagai software secara gratis. 

Di mana salah satunya adalah menggunakan platform Kinobi. “Calon wisudawan ke-126 dapat mendaftar melalui link its.app.kinobi.asia,” ucap dosen Departemen Teknik Instrumentasi ITS ini.

Baca Juga: Top 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank Tahun 2022

Selain ITS, Kinobi juga telah menjalin kerja sama dengan puluhan universitas dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Airlangga (Unair).

Dengan misi untuk menjadi penyedia portal karier universitas #1 di Asia, Kinobi ingin membantu universitas-universitas di Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam untuk meningkatkan potensi kerja para mahasiswa dan alumninya. 

Tak hanya itu, Kinobi juga menawarkan berbagai fitur lengkap untuk universitas guna memfasilitasi mahasiswanya dalam mempersiapkan karier mereka.

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Fitur utama yang ditawarkan adalah CV builder atau aplikasi pembuat CV berbasis AI. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa untuk membuat CV atau resume dengan format yang sudah sesuai dengan Applicant Tracking System (ATS).

Dengan demikian, lamaran kerja mereka akan lebih mudah untuk lolos seleksi CV otomatis oleh sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru