Otomotif

Jababeka Group sukses gelar balapan di tengah pandemi Covid-19

Selasa, 20 Oktober 2020 | 16:22 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Jababeka Group sukses gelar balapan di tengah pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Pertamax Motorsport


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Open Championship 2020 sukses digelar di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten, dari Sabtu (17/10)-Minggu (18/10).

Balapan yang diinisiasi Jababeka Group melalui PT. Banten West Java ini berjalan lancar dengan jumlah pereli yang dibatasi, dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat yaitu penyemprotan disinfektan secara intensif, penyediaan tempat cuci tangan, dan ketersediaan hand sanitizer di berbagai titik.

Selain itu, gelaran balapan ini juga dihelat tanpa mengundang penonton.

Dengan tegaknya protokol covid-19, semakin membuat puluhan pereli nyaman berlaga untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya.

Apalagi sirkuit ini berada di kawasan pantai Tanjung Lesung dengan pemandangan menghadap pantai yang memberikan sensasi berbeda di saat mengejar waktu terbaik mereka.

Baca Juga: Valentino Rossi positif corona, ini 6 kandidat kuat penggantinya di MotoGP 2020

Pereli juga tak perlu cemas jika membawa keluarga ke Tanjung Lesung karena banyak tempat-tempat cantik dan villa yang berkelas untuk dihuni.

Dan benar saja, kejuaraan rally nasional selama dua hari ini berjalan seru. Geliat keseruan sudah bisa terlihat pada hari pertama, dimana sejak pagi balapan yang terbagi dalam 4 grup sudah dimulai, yaitu M untuk sedan berpenggerak 4 roda, F untuk sedang dengan penggerak roda depan, R untuk kendaraan penggerak roda belakang, dan J untuk jenis jip.

Semua peserta menjalani dua kali Special Stage (SS) dengan panjang lintasan 4.6 km, dengan rute clockwise atau searah jarum jam.

Namun di keesokan dilakukan treatment berbeda, yaitu special stage 3-4 dikemas dengan anti-clockwise atau melawan arah jarum jam dan dilepas satu per satu layaknya suatu special stage rally biasanya.

Special Stage 3 dimulai dari jam 08.00 sampai jam 10.30 WIB, lalu dilanjut Special Stage 4 setelah mendapat hasil pengumuman sementara dan start list special stage 4.

Selesai Special Stage 4 pada jam 14.00, panitia penyelenggara pun langsung melakukan penilaian dari semua pereli dan tak berselang lama diumumkan para pemenang kejuaraan rally lalu dilangsungkan pembagian hadiah.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru