Jangan gunakan GB WhatsApp atau mod, akun Anda akan terancam diblokir permanen!

Selasa, 05 Oktober 2021 | 11:33 WIB   Penulis: Arif Budianto
Jangan gunakan GB WhatsApp atau mod, akun Anda akan terancam diblokir permanen!

ILUSTRASI. Jangan gunakan GB WhatsApp atau mod, akun Anda akan terancam diblokir permanen!


KONTAN.CO.ID - Jangan gunakan GB WhatsApp atau mod! Akun WhatsApp Anda akan terancam diblokir, mulai dari sementara hingga permanen.

Tahukah Anda? Beberapa aplikasi WhatsApp tidak resmi beredar di internet dengan menawarkan fitur yang tidak dimiliki WhatsApp pada umumnya. Salah satunya yakni GB WhatsApp yang diketahui memiliki fitur lebih lengkap dari WhatsApp versi resmi yang tersedia di toko aplikasi, seperti Play Store dan App Store.

Daftar Isi

Meskipun demikian, GB WhatsApp atau aplikasi sejenis yang tidak resmi bisa mengancam akun kita. Sebelum lebih jauh mengetahui apa ancaman yang menghadang akun kita, mari kita simak terlebih dahulu apa itu GB WhatsApp.

Baca Juga: Tumbang 6 jam, akhirnya Facebook, Instagram dan WhatsApp bisa diakses lagi

Apa itu GB WhatsApp?

Menurut beberapa sumber, GB WhatsApp merupakan aplikasi kloningan WhatsApp. Serupa dengan WhatsApp, GB WhatsApp memiliki tambahan fitur yang tidak Anda temukan di aplikasi resminya.

Bahkan GB WhatsApp ditengarai memiliki beberapa opsi privasi dan benefit lainnya yang tidak dimiliki aplikasi resminya. Mengutip dari Punchg.com, berikut beberapa fitur GB WhatsApp:

  • Meningkatkan opsi privasi
  • Opsi menghilangkan last viewed
  • Opsi menghilangkan pesan telah dikirim
  • Opsi mengilangkan pesan diterima
  • Opsi menghilangkan last seen dari kontak spesifik
  • Dapat membuat grup dengan nama yang memuat 35 huruf atau karakter
  • Dapat membuat status lebih dari 255 karakter 
  • Mengirim pesan bradcast ke 600 orang
  • Dapat melihat status setelah 24 jam
  • Dapat membaca pesan yang telah dihapus
  • Dan masih banyak lagi

Meskipun menghadirkan fitur yang lengkap, aplikasi tak resmi ini tidak tersedia di Play Store. GB WhatsApp hanya tersedia lewat APK yang dapat didownload di luar Play Store.

Hal ini tentu saja cukup berbahaya dan mengancam keamanan akun serta HP Android yang kita gunakan. Sebab APK yang terpasang bukan berasal dari sumber terpercaya.

Ilustrasi keamanan Whatsapp

Apakah GB WhatsApp atau aplikasi serupa aman?

Mengutip dari situs bantuan WhatsApp, pihak terkait telah mengumumkan aplikasi yang tidak didukung. Aplikasi yang tidak didukung yakni versi WhatsApp yang telah diubah dan dikembangkan oleh pihak ketiga yang tidak sesuai dengan ketentuan layanan yang telah disepakati.

Aplikasi yang tidak didukung juga dapat membahayakan privasi, keamanan dan keselamatan pengguna WhatsApp. Terdapat risiko yang signifikan terkait dengan penggunaan aplikasi tidak resmi untuk mengirim pesan dan data pribadi seperti lokasi, serta menerima file atau tautan/link.

Beberapa akun bahkan dapat diblokir untuk sementara atau secara permanen apabila menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung atau telah dimodifikasi.

Beberapa aplikasi terkait, seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp, atau aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan chat WhatsApp antar telepon merupakan versi yang telah diubah.

Bila Anda ketahuan menggunakan aplikasi tersebut, siap-siap akun Anda akan diblokir. 

Selanjutnya: Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru