Jangan lengah! Tujuh jenis pelat nomor ini bakal ditilang polisi di jalan

Rabu, 22 Juli 2020 | 04:25 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan lengah! Tujuh jenis pelat nomor ini bakal ditilang polisi di jalan


OTOMOTIF - JAKARTA. Harap waspada dengan pelat nomor kendaraan Anda. Jika salah memodifikasi, bisa jadi polisi akan memberhentikan kendaraan Anda saat melaju di jalan. 

Apalagi, pemerintah sudah mengatur soal penggunaan pelat nomor kendaraan baik mobil atau sepeda motor. Bahwa setiap kendaraan di jalan raya harus memakai pelat nomor yang sesuai registrasi dan indentifkasi. 

Penggunaan TNKB tercantum dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 68. Jika melanggar, bisa didenda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan maksimal dua bulan.

Baca Juga: Perpanjang STNK bisa lewat aplikasi Gojek, sudah tahu biayanya?

Selain mengatur soal penggunaan pelat nomor, diatur juga soal bahwa pelat nomor tidak boleh dimodifikasi atau mengubah bentuk, warna, tulisan, maupun ditempeli stiker atau logo yang tidak resmi. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, mengatakan, pelat nomor kendaraan punya aturan tersendiri. Semuanya merujuk pada spesifikasi teknis yang dikeluarkan Polri. 

Baca Juga: Pelat COVID19 yang terpasang di BMW 5 bikin heboh Bandara Adelaide

"Setiap pelat nomor yang digunakan harus sesuai ketentuan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh Polri. Apabila dimodifikasi atau tidak sesuai, itu termasuk pelanggaran lalu lintas," kata Fahri kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru