Wisata

Jangan lewatkan sore ini ada fenomena perigee, bulan tampak lebih besar

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan lewatkan sore ini ada fenomena perigee, bulan tampak lebih besar

ILUSTRASI. Bulan purnama terang memerah dan besar saat fajar jelang terjadi gerhana bulan dan fenomena Supermoon terlihat diatas langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Senin (21/1/2019). Menurut Astronom Indonesia, fenomena supermoon atau Super Blood Wolf Moon (posisi perig

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA.  Sore nanti, sekitar pukul 17.49 WIB, Anda bisa menyaksikan fenomena langit Perigee, yakni Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging mengatakan bahwa pada saat fenomena perigee terjadi, maka bulan akan terlihat lebih besar daripada biasanya.

"Bulan akan tampak lebih besar jika diamati dari Bumi," kata Emanuel kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga: Hujan meteor Perseid bakal mencapai puncak, catat tanggalnya

Perigee ini bisa terjadi karena dalam peredaran Bulan mengelilingi Bumi, lintasannya tidak lingkaran sempurna, tetapi sedikit elips.

"Ada kalanya (bulan) agak jauh dari Bumi disebut Apogee, dan saat dekat disebut sebagai Perigee," jelasnya.

Meskipun Bulan akan tampak lebih besar daripada biasanya ketika perigee ini terjadi, tetapi peristiwa ini berbeda dengan bulan purnama ataupun supermoon.

Emanuel mengatakan, petang nanti jarak Bumi dan Bulan sekitar 360.300 kilometer, dengan iluminasi 7,6% (fase sabit awal), dan lebar sudut sekitar 32,9 menit busur.

Baca Juga: Catat, malam ini gerhana bulan penumbra di langit Indonesia

Lapan juga menyebutkan, fenomena perigee sore nanti Bulan akan terletak di manzilah Awwa yaitu Auva, Lambda Virginis di konstelasi Virgo ketika perigee terjadi.

Editor: Noverius Laoli


Terbaru