HOME

Jantung berdebar sering berdebar? Yuk, atasi dengan 4 cara ini

Kamis, 24 Desember 2020 | 16:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jantung berdebar sering berdebar? Yuk, atasi dengan 4 cara ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang mengalami jantung berdebar lebih cepat dari batas normal atau heart palpitation dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang mengalami kondisi itu selama beberapa detik, tapi ada juga yang terjadi dalam jangka waktu lama.

Namun, tak semua heart palpitation menunjukkan bahwa kondisi jantung Anda bermasalah. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa heart palpitation bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari stres, dehidrasi, atau olahraga.

Mengonsumsi kafein, merokok, dan minum jenis obat tertentu juga bisa menyebabkan terjadinya kondisi itu. Supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut.

Relaksasi

Seperti yang telah dikatakan, jantung berdebar bisa disebabkan oleh stres yang sedang Anda alami. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan rileksasi agar stres Anda bisa berkurang. Ada banyak jenis relaksasi yang bisa Anda lakukan, seperti yoga, meditasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Konsumsi 4 makanan sehat untuk jantung ini, yuk

Hindari Dehidrasi

Menghindari dehidrasi adalah salah satu cara mengatasi jantung berdebar.

Healthline mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan heart palpitation. Darah yang mengalir dalam tubuh Anda mengandung air, jadi saat tubuh dehidrasi, tekstur darah lebih mengental. Semakin kental darah dalam tubuh, maka jantung perlu bekerja lebih keras supaya darah tetap bisa mengalir.

Kerja keras yang dilakukan jantung menyebabkan detak jantung meningkat dan menyebabkan debar jantung lebih cepat. Selain detak jantung meningkat, dehidrasi juga bisa dilihat dari warna urin yang keluar. Ketika warna urin lebih gelap, bisa dikatakan Anda perlu minum lebih banyak cairan.

Hindari Penyebabnya

Ada banyak faktor yang menyebabkan jantung Anda berdebar lebih kencang. Maka dari itu, menghindari faktor-faktor tersebut bisa jadi salah satu cara mengatasinya. Saat kondisi itu sering terjadi, cobalah untuk membatasi konsumsi kafein atau berhenti merokok.

Baca Juga: 4 Cara menjaga kesehatan jantung yang efektif

Berhenti mengonsumsi alkohol dan jenis obat tertentu juga tak boleh Anda lewatkan. Karena penyebabnya beraneka ragam, Anda perlu waspada terhadap berbagai macam faktor. Jika diperlukan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter supaya kondisi kesehatan Anda mendapat perawatan yang tepat.

Jaga Kesehatan Jantung

Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, ada baiknya bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung secara rutin. Misalnya, rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, kontrol tekanan dan gula darah secara rutin, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Cara mencegah serangan jantung berdasarkan tingkatan usia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru