Jawab Kebutuhan Pelanggan, Ini Cara Sociolla Jalankan Bisnis Selama 10 Tahun

Jumat, 28 Maret 2025 | 14:36 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Jawab Kebutuhan Pelanggan, Ini Cara Sociolla Jalankan Bisnis Selama 10 Tahun

ILUSTRASI. Sociolla Beauty Museum 


PRODUK KECANTIKAN - Menjadi cantik tentu impian banyak kaum perempuan. Untuk mendukung hal itu, tak heran gerai yang menjual produk kecantikan mulai dari serum, cussion, foundation, bedak, lipstick, perona pipi, dan lainnya kian banyak bermunculan.

Berbeda dengan gerai kecantikan lain, Sociolla, hadi menjadi omnichannel retailer kecantikan di Indonesia di bawah naungan Social Bella.

Sejak berdiri Maret 2015 lalu, Sociolla menjadi suatu tempat bagi pelanggan perempuan yang ingin mendapat produk kecantikan dari beragam merek. Lebih dari 400 brand lokal maupun mancanegara dijual di Sociolla.

Pada tahun 2024, Sociolla juga telah memperkenalkan lebih dari 3.600 produk baru. Sociolla menjadi platform yang memberikan kemudahan akses untuk ratusan brand lokal.

Dimulai dengan hanya sekitar 10 brand lokal di tahun 2015, setidaknya hingga kini Sociolla telah berhasil menjadi wadah untuk lebih dari 100 brand lokal.

Co-Founder & CEO Social Bella, Christopher Madiam mengatakan berawal dari sebuah ruko kecil, kini Sociolla telah memiliki gudang terbesar dan terintegrasi dengan sistem digital dalam melayani kebutuhan para beauty enthusiast.

Menyambut perayaan anniversary ke-10 dengan tema dan semangat Celebrate All The Pretty Things Inside”, Chris menambahkan Sociolla juga melakukan berbagai aksi yang mendukung perkembangan bisnisnya. Yakni Pembukaan Toko Omnichannel ke-100, Sociolla Pop-up Booth, Sociolla Bestie Pink Run, dan Sociolla Beauty Museum.

Baca Juga: Sociolla Beauty Museum Padukan Teknologi, Seni, dan Kecantikan

“Kami terus mencoba mengerti apa yang diinginkan customer. Mempelajari tren, kebutuhan pelanggan,” ujarnya saat peluncuran Sociolla Beauty Museum yang dihadiri KONTAN, beberapa hari lalu.

Chris menerangkan sejak awal berdiri, Sociolla berkomitmen menghadirkan inovasi yang membawa perubahan positif di ekosistem industri kecantikan Indonesia, mulai dari website Sociolla.com hingga ekspansi ke–100 toko omnichannel di lebih dari 40 kota di Indonesia.

Selain itu, Sociolla terus menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2024, pendapatan Sociolla meningkat hingga 50% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Kilas balik pada 2020, Sociolla juga berhasil memperluas operasionalnya ke Vietnam, membawa merek lokal Indonesia ke pasar internasional.

Dengan konsistensi inovasi dan kerja keras, Chris berharap Sociolla terus memperkuat posisinya di industri kecantikan global, memberikan yang terbaik dengan tetap mempertahankan standar keunggulan dalam layanannya, serta menjadi mitra tepercaya bagi para beauty enthusiast dan seluruh stakeholder.

Chris bilang untuk bisa mempertahankan bisnis kecantikan itu, Sociolla terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk mengintegrasikan pengalaman berbelanja online dan offline yang seamless. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan kenyamanan sesuai kebutuhan, preferensi, dan gaya hidup para beauty enthusiast.

Selain SOCO Beauty App, Sociolla juga memiliki berbagai inisiatif teknologi unggulan, seperti fitur Real User & Expert Review yang menyajikan ulasan produk terpercaya dari real user hingga para ahli seperti dermatologist, make-up artist, hingga hair stylist; Fleksibilitas Pengiriman dengan opsi layanan in-store pickup, pengiriman ke rumah, hingga same-day delivery; Digital Price Tag untuk memastikan konsistensi harga dan promo secara real-time di seluruh platform; Gudang Terintegrasi demi proses fulfillment barang yang efisien dan akurat; serta Insight Factory by SOCO, yang memberikan laporan dan insight terkini untuk membantu mitra brand memahami kebutuhan konsumen, preferensi, dan tren terkini di industri kecantikan.

Co-Founder & CMO Social Bella, Chrisanti Indiana mengatakan pertumbuhan Sociolla selama satu dekade tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari para karyawan, mitra brand, stakeholder, dan tentunya Sociolla Bestie yang telah tergabung melalui SOCO Beauty App dengan 7 juta pengguna dan terus berkembang menjadi komunitas kecantikan yang inklusif dan solid.

Baca Juga: Gelaran Lari Sociolla Bestie Pink Run 2025 yang Serba Pink

Selanjutnya: KAI Hadirkan Mudik Murah dengan Kereta Api Cakrabuana dan Gunung Jati

Menarik Dibaca: Hujan Petir Landa Daerah Ini, Berikut Prakiraan Cuaca Besok (29/3) di Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani
Survei KG Media
Terbaru