Tokoh

Jeff Bezos lepas saham Amazon senilai US$ 2,5 miliar dalam sepekan

Sabtu, 08 Mei 2021 | 11:06 WIB Sumber: Bloomberg
Jeff Bezos lepas saham Amazon senilai US$ 2,5 miliar dalam sepekan

ILUSTRASI. Jeff Bezos lepas saham Amazon senilai US$ 2,5 miliar dalam sepekan


KONTAN.CO.ID -    JAKARTA. Orang terkaya dunia, Jeff Bezos menjual sahamnya di Amazon.com Inc. Bezos tercatat melepas saham Amazon senilai US$ 2,5 miliar atau setara Rp 35,75 triliun (asumsi kurs Rp 14.300) dan merupakan penjualan terbesar pertama tahun 2021 setelah melepas senilai US$ 10 miliar atau setara Rp 143 triliun pada 2020 lalu.

Mengutip Bloomberg, Jumat (7/5) Bezos tercatat menjual 739.000 saham Amazon pekan ini di bawah rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya, berdasarkan pengajuan yang disampaikan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Bezos berencana menjual sebanyak 2 juta saham Amazon menurut pengajuan terpisah.

Kendati sudah banyak melepas saham Amazon, tapi Bezos masih tetap menjadi pemegang 10% lebih saham Amazon dan menjadi sumber utama kekayaannya yang mencapai total US$ 191,3 miliar atau setara Rp 2.735,5 triliun menurut Bloomberg Billionaires Index.

Baca Juga: Sebelum bercerai Melinda Gates ternyata sudah beli rumah baru

Selama 15 tahun telah melantai di bursa saham  sejak 1997, Bezos tercatat telah menjual seperlima sahamnya di Amazon dengan harga sekitar US$ 2 miliar. Nilai saham Amazon telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir sehingga Bezos sekarang dapat menjual dalam jumlah yang relatif kecil untuk memperoleh uang miliaran dolar.

Saham Amazon sedikit berubah tahun ini setelah reli 76% pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19 membuat orang menjauh dari toko fisik dan mendorong belanja online.

Pendiri Amazon telah menggunakan penjualan saham untuk mendanai perusahaan roket Blue Origin, sementara Bezos berkomitmen membeirkan US$ 10 miliar untuk "Bezos Earth Fund" untuk membantu melawan efek perubahan iklim.

Pembuat roket itu mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya telah menetapkan 20 Juli untuk misi pertamanya membawa orang ke luar angkasa dan berencana untuk melelang satu kursi di roket New Shepard miliknya.

Bezos akan jauh lebih kaya jika bukan karena perceraiannya dengan MacKenzie Scott. Dia menerima 4% saham di Amazon sebagai bagian dari perceraian mereka dan dengan cepat MacKenzie menjadi salah satu dermawan terpenting di dunia.

Selanjutnya: Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos bangun kapal pesiar raksasa super mewah

 

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru