Jersey pencetak gol Tangan Tuhan Maradona bisa jadi milik Anda, harganya US$ 2 juta

Sabtu, 28 November 2020 | 07:20 WIB Sumber: Reuters
Jersey pencetak gol Tangan Tuhan Maradona bisa jadi milik Anda, harganya US$ 2 juta


KONTAN.CO.ID - LONDON. Ahli memorabilia olahraga Amerika Serikat mengatakan, kostum sepakbola alias jersey yang dikenakan oleh Diego Maradona ketika ia mencetak gol "Tangan Tuhan" yang terkenal melawan Inggris di Piala Dunia 1986 di Meksiko dijual seharga US$ 2 juta setelah pemain asal Argentina itu tutup usia pada Rabu (25/11) lalu.

Mengutip Reuters, Sabtu (28/11), jersey itu dimiliki oleh mantan pemain Inggris Steve Hodge, yang mendapatkannya dari Maradona setelah pertandingan.

"Saya berjalan menyusuri terowongan dan Maradona datang ke arah yang berlawanan. Saya menarik baju saya dan kami bertukar di sana dan kemudian," kata Hodge, kepada media Inggris.

Baju tersebut saat ini dipajang di Museum Sepak Bola Nasional Inggris di Manchester.

"Sangat sulit untuk mengukur (nilainya) dengan jersey " Hand Of God ", tetapi saya tahu bahwa pemiliknya sedang mencari penjualan pribadi senilai US$ 2 juta," kata David Amerman dari Goldin Auction di New Jersey kepada Reuters. 

"Itu pasti bisa jadi kemungkinan, nilainya melonjak sedikit dalam sepak bola."

Baca Juga: Maradona meninggal dunia, ini kisah si "Tangan Tuhan" dengan mobil-mobilnya

Perusahaan Amerman saat ini terlibat dalam lelang lain bersama dengan Sotheby yang disebut "A Century Of Champions," yang menampilkan trofi Jules Rimet yang diberikan kepada Pele oleh FIFA setelah ia memenangkan Piala Dunia ketiganya bersama Brasil pada tahun 1970.

Trofi tersebut diperkirakan akan terjual hingga US$ 800.000 dan jumlah itu bisa diturunkan jika Hodge menemukan pembeli untuk jersey Maradona atau jika dia melelang, meskipun mantan gelandang berusia 58 tahun itu mungkin tidak mencapai harga targetnya.

Dua juta

"Sangat sulit untuk melihat bagaimana hal itu akan mencapai harga dua juta dolar, tetapi saya tidak mengerti mengapa seseorang yang memiliki uang tidak menginginkan sesuatu seperti itu - Anda tidak dapat benar-benar memberikan angka padanya. Jika Anda menemukan orang yang tepat di tempat yang tepat, itu kemungkinan yang realistis, "jelas Amerman.

"Kartu sepak bola pemula Maradona, kami baru saja menjual satu eksemplar seharga US$ 10.000. Ini adalah kartu yang mungkin berharga beberapa ratus dolar beberapa tahun yang lalu, dan itu sebelum kematiannya. Saya kemarin melihat di online bahwa mereka meminta $ 20.000 untuk satu kartu. "

Namun Amerman memberikan peringatan bagi mereka yang berpikir untuk terlibat dalam pasar memorabilia Maradona setelah kematian pemain Argentina itu pada usia 60 tahun setelah serangan jantung.

Baca Juga: Perjalanan hidup Diego 'The Golden Boy' Maradona

"Saat ini kami benar-benar melihat peningkatan aksi - saya sudah mendapat pertanyaan dari orang-orang yang telah membeli item Maradona di situs kami yang ingin menjualnya kembali di lelang berikutnya.

"Kami melihat dengan meninggalnya Kobe Bryant tahun ini ... sebuah lonjakan besar dalam memorabilia ... kemudian turun karena pasar menjadi jenuh ..."

Satu orang yang tidak akan melelang jersey yang diberikan Maradona padanya di pasar terbuka adalah mantan pemain Arsenal dan Juventus Liam Brady.

Mantan gelandang Irlandia itu bermain melawan Maradona berkali-kali untuk klub dan negaranya dan pemain Argentina itu memberinya kaus bernomor 17 yang tidak biasa, bukan nomor punggung 10 yang biasa setelah pertandingan pada 1979.

"Jika itu jatuh ke kolektor pribadi yang benar-benar menginginkannya, jika itu jatuh ke tempat yang tepat dan akan dihargai, saya akan mempertimbangkan untuk menjualnya, tetapi saya tidak akan menaruhnya di eBay atau ruang lelang mana pun," katanya kepada Reuters.

"Ini memiliki nilai sentimental yang sangat besar."

Selanjutnya: Penggemar sepak bola Inggris akan kembali dapat menonton secara langsung di stadion

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru