CLOSE [X]

Jokowi Ingin Ainun Najib Membangun Indonesia, Siapa Dia? Benarkah Gajinya Besar

Kamis, 03 Februari 2022 | 06:51 WIB Sumber: Kompas.com
Jokowi Ingin Ainun Najib Membangun Indonesia, Siapa Dia? Benarkah Gajinya Besar

ILUSTRASI. Jokowi Ingin Ainun Najib Membangun Indonesia, Siapa Dia? Benarkah Gajinya Besar


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Nama Ainun Najib viral belakangan ini. Penyebabnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut langsung nama Ainun Najib dan memintanya pulang ke Indonesia untuk bekerja di dalam negeri. Siapa Ainun Najib? Benarkah Ainun Najib mendapat gaji besar di luar negeri?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta generasi muda Nahdatul Ulama (NU), Ainun Najib untuk pulang berkarya di Indonesia meski mendapat gaji besar dengan bekerja di Singapura.

Ainun Najib dikenal sebagai inisiator situs KawalPemilu.org juga KawalCovid19. Pria asal Gresik itu saat ini bekerja sebagai head of analytics, platform and regional business untuk Grab. Dilansir dari nu.or.id, Ainun Najib merupakan lulusan Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura, jurusan Teknik Komputer.

Sebelum bekerja di Grab, bapak tiga anak itu bergabung dengan perusahaan IBM Singapore begitu lulus dari NTU. Berawal sebagai software engineer. Ainun Najib kemudian menjadi konsultan senior di IBM Singapore.

Melansir situs penyedia informasi soal pekerjaan dan gaji, Glassdoor, Rabu (2/2/2022), rata-rata gaji untuk seorang head of analytics perusahaan di Singapura ada di kisaran SGD 9.000 per bulan. Jika dirupiahkan jumlahnya mencapai Rp 95.805.000 (kurs Rp 10.645 per SGD). Jumlah tersebut belum termasuk kompensasi dari perusahaan berupa insentif, bonus, atau tunjangan.

Baca Juga: Inilah Susunan Pengurus PBNU 2022-2027, Banyak Pejabat dan Tokoh Perempuan

Sementara itu untuk posisi senior consultant di Singapura, rata-rata gajinya adalah SDG 6.000 per bulan atau sekitar Rp 63.000.000. Bahkan gaji tertinggi senior consultant di Singapura juga bisa mencapai SDG 9.000, dan terendah SGD 4.000. Kemudian untuk kompensasi bagi senior consultant di Singapura, Glassdoor melaporkan berada di rata-rata SGD 11.300 (sekitar Rp 120 juta).

Kompensasi senior consultant di Singapura tertinggi berada di angka SGD 30.000 (hampir Rp 320 juta), dan terendah SGD 3.000 (hampir Rp 32 juta).

Rupanya gaji untuk praktisi teknologi informasi di Singapura memang cukup tinggi. Tak heran Presiden Jokowi menggarisbawahi hal tersebut. Ajakan Jokowi agar Ainun Najib kembali ke Indonesia disampaikan dalam sambutan di Pengukuhan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (31/1/2022).

Selain memuji kemampuan peraih penghargaan penghargaan honorable mention dalam Olimpiade Informatika Asia Pasifik 2003 itu, Jokowi juga menyampaikan secara tersirat ajakan kepada Ainun Najib yang saat ini bekerja di Singapura untuk pulang dan berkarya di Tanah Air.

Jokowi bahkan sampai meminta bantuan dari para Kiai NU untuk bisa membawa pulang Ainun Najib yang merupakan tokoh muda bertalenta itu kembali ke Indonesia. "Saya kenal satu orang, yang lain masih banyak lagi, beliau ini kerja di Singapura, sudah lama. Setahun lalu saya kenal, ngerjain ini semuanya, apa pun bisa. Masih muda sekali, namanya Mas Ainun Najib, NU," kata Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden RI.

"Tapi di sana gajinya sangat tinggi sekali, jadi kalau diajak ke sini harus bisa menggaji yang lebih gede dari Singapura. Ini tugasnya nanti Pak Kiai, kalau beliau yang ngendiko, digaji berapa pun, bismillah pasti mau," sambungnya.

Atas harapan Jokowi, PBNU mengatakan bakal mengajak Ainun Najib kembali pulang ke Indonesia. "Kita akan mengajak dia (Ainun Najib) dan kader potensial lain pulang membangun negeri," ungkap Ketua Tanfidziyah PBNU Ahmad Fahrur Rozi, Rabu.

Pria yang akrab disapa Gus Fahrur itu mengatakan, nantinya para kader muda NU bertalenta akan diajak bergabung dalam sebuah program pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Kita sepakat untuk mengajak para kader-kader muda bertalenta untuk bergabung dan bersinergi dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan akan berkomunikasi dengan Sdr Ainun Najib juga," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diminta Pulang Jokowi, Segini Perkiraan Gaji Gede Ainun Najib di Singapura",


Penulis : Elza Astari Retaduari
Editor : Elza Astari Retaduari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru