Gadget

Kantongi miliaran rupiah sekali posting TikTok

Kamis, 27 Februari 2020 | 09:33 WIB Sumber: Kompas.com
Kantongi miliaran rupiah sekali posting TikTok

ILUSTRASI. A person holds a smartphone as Tik Tok logo is displayed behind in this picture illustration taken November 7, 2019. Picture taken November 7, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika memiliki pengikut (followers) dalam jumlah yang melimpah, media sosial bisa jadi sumber penghasilan. Lihat saja fenomena saat ini dengan banyaknya selebgram dan YouTuber.

Instagram dan YouTube saat ini menjadi media sosial yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun belakangan, muncul media sosial baru yang banyak digemari, yakni TikTok. Aplikasi TikTok kini sedang digandrungi oleh banyak orang dari semua kalangan.

TikTok menjadi populer karena dengan media sosial ini, pengguna bisa membuat dan berbagi video lucu yang menghibur.  Bahkan tak hanya menjadi platform untuk berekspresi, saat ini TikTok mulai menjadi ladang para konten kreator untuk mendapatkan uang.

Baca Juga: TikTok meluncurkan TikTok Creator Academy pertama di Indonesia

Pengamat media sosial memperkirakan bahwa sejumlah "seleb" TikTok dengan jumlah pengikut yang besar, bisa mendapat penghasilan hingga US$ 1 juta (Rp 13,9 miliar) untuk sekali posting.

Strategy Partner di firma periklanan Digitas UK, James Whatley, mengatakan bahwa prediksi tersebut adalah angka yang wajar. Sebab, sudah ada sejumlah bukti dari platform lain seperti salah satunya adalah Instagram.

"Saya benar-benar percaya mengenai angka tersebut, jika Anda melihat seberapa uang yang dihabiskan di Instagram," kata James.

Contohnya adalah Loren Gray, seorang penyanyi berusia 17 tahun asal Pennsylvania, Amerika Serikat. Dengan jumlah pengikut sebanyak lebih dari 38 juta, para pengamat memprediksi ia bisa mendapat penghasilan sebesar US$ 197.000 (Rp 2,7 miliar) untuk satu konten yang diunggah. 

Ada pula Aashika Bhatia, aktris asal India yang kini eksis di dunia TikTok. Gadis berusia 19 tahun ini memiliki lebih dari 14 juta followers di akunnya.

Aashika bisa memperoleh puluhan ribu followers baru setiap hari, sehingga ia pun diprediksi akan menjadi salah satu akun terpopuler di TikTok dengan jumlah pengikut yang berpotensi mencapai angka 194 juta.

Baca Juga: Viral skullbreaker challenge di TikTok, jangan ditiru!

Editor: Yudho Winarto


Terbaru