kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kapasitas Anfield bakal diperbesar hingga 61.000 tempat duduk


Sabtu, 30 November 2019 / 10:10 WIB
Kapasitas Anfield bakal diperbesar hingga 61.000 tempat duduk

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu upaya klub Liga Inggris mendongkrak pendapatannya adalah dengan memperbesar pendapatan dari tiket pertandingan. Dan itu bisa terjadi kalau kapasitas tempat duduk stadion sepakbola diperbesar.

Langkah inilah yang sudah dilakukan oleh sejumlah klub Liga Inggris. Contohnya pada musim Liga Inggris ini, Tottenham Hotspur mulai menggunakan stadiun teranyarnya menggantikan White Hart Lane, yaitu Tottenham Hotspur Stadium dengan kapasitas 62.062 tempat duduk.

Baca Juga: Manchester United tiru cara Liverpool untuk rekrut pemain pada bursa transfer

Liverpool FC pun tidak mau kalah. Setelah memperbesar kapasitas Stadion Anfield menjadi 54.000 tempat duduk, klub berjuluk The Reds masih ingin menambah kapasitas tempat duduk lagi hingga 7.000 tempat duduk.

Baca Juga: Harga rumah dekat Tottenham Hotspur naik 18,4%

Kalau rencana ini terealisasi, maka kapasitas Anfield bisa mencapai 61.000 tempat duduk. Menempatkannya sebagai salah satu stadion terbesar di Inggris Raya. Persisnya berada di posisi ketiga. Urutan pertama adalah Old Trafford milik Manchester United dengan kapasitas 74.000 tempat duduk lebih dan posisi kedua adalah stadion Emirates kepunyaan Arsenal dengan daya tampung 62.000 tempat duduk.

Baca Juga: Gara-gara Mourinho, Manchester United gagal gaet Van Dijk

Andy Hughes, Chief Operating Officer Liverpool FC di situs resmi LFC menyatakan saat ini pihaknya tengah meminta persetujuan dengan penduduk setempat untuk rencana perluasan Anfield. Sebab proyek ini bakal berada di Anfield Road Stand. Dan jalan Anfield road akan ditutup saat proyek tersebut kelar.

Di atas kertas, proyek ekspansi Anfield ini akan memakan biaya £ 60 juta. Sumber dana sepertinya berasal dari internal klub sendiri. Berbeda saat pengembangan sisi Main Stand di Anfield beberapa tahun lalu yang menghabiskan anggaran hingga £ 110 juta dan sebagian besar dana berasal dari pinjaman.

John Henry, pemilik Liverpool FC  memang punya ambisi membuat Liverpool FC tidak cuma berhasil di lapangan saja, dengan menggondol Liga Champions 2019, tapi juga di luar lapangan dari sisi bisnis. Harapannya, setelah ekspansi berjalan, Anfield tidak cuma dipakai untuk kegiatan sepakbola saja, tapi juga aktivitas lainnya. Seperti ajang pertunjukan konser dan lainnya. Dan ini sudah terjadi setelah konser Bon Jovi belum lama ini berlangsung di stadion tersebut.

Sedangkan dari tiket pertandingan diprediksi Liverpool bisa meraup pendapatan hingga £ 100 juta dalam satu musim. Sebelumnya, pendapatan dari tiket pertandingan cuma £ 72 juta saja.

Kapan proyek ini bakal berjalan masih belum pasti. Yang jelas, bila persetujuan dengan pihak terkait sudah tuntas, penawaran proposal rencana ekspansi Anfield bisa berjalan pada pertengahan 2020 nanti.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×