Sport

Kasus penggelapan pajak, Diego Costa bayar denda ke pemerintah Spanyol

Kamis, 04 Juni 2020 | 18:58 WIB Sumber: Reuters
Kasus penggelapan pajak, Diego Costa bayar denda ke pemerintah Spanyol

ILUSTRASI. Diego Costa, penyerang Atletico Madrid dan Spanyol

KONTAN.CO.ID - MADRID. Kasus penggelapan pajak yang dilakukan pemain depan Atletico Madrid Diego Costa akhirnya berakhir dengan damai. Kamis (4/6), Costa muncul di pengadilan mengenakan masker untuk meratifikasi perjanjian yang telah disepakati dengan jaksa penuntut umum atas kasus penggelapan pajak. 

Sebelumnya, jaksa meminta hukuman penjara enam bulan dan denda sebesar € 507.208, setara US$ 564.877 kepada Costa karena melakukan penipuan pajak di Spanyol sebesar € 1.014.416 pada tahun 2014 silam.

Hal itu terjadi setelah pemain kelahiran tahun 1988 ini tidak menyertakan pembayaran sebesar € 5.150.622 yang merupakan bagian dari transfernya dari Atletico Madrid ke Chelsea. Dengan aksinya ini, pemerintah Spanyol kehilangan potensi pajak lebih dari € 1 juta.

Baca Juga: Liga Inggris merilis protokol soal jumlah orang di stadion saat pertandingan

Sesuai dengan hukum Spanyol yang memungkinkan hukuman pidana di bawah dua tahun untuk kejahatan tanpa kekerasan ditukar dengan denda, maka pemain yang memiliki dua kewarganegaraan tersebut setuju untuk membayar denda tambahan € 36.500 dan ditambah € 507.208 untuk menghindari masa kurungan. 

"Diego Costa mencapai kesepakatan beberapa bulan yang lalu dengan jaksa penuntut dan telah membayar denda ditambah bunga dan permintaan hukuman penjara ditarik," kata juru bicara Atletico kepada Reuters, Rabu (3/6)

"Minggu ini diharapkan kesepakatan akan disahkan di pengadilan, seperti yang diwajibkan."

Pemain internasional Spanyol, tersebut telah kembali ke Atletico dari Chelsea pada 2017 dengan harga € 55 juta setelah membantu klub London tersebut memenangkan dua gelar Liga Premier Inggris.

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru