HOME

Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat buah melon yang layak Anda dapatkan

Jumat, 20 November 2020 | 14:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat buah melon yang layak Anda dapatkan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka makan melon? Buah ini ternyata berdampak baik untuk kesehatan tubuh, lo. Ada banyak manfaat buah melon yang bisa Anda dapat. Mulai dari mengontrol tekanan darah, mempercepat pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan mata, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengutip dari Healthify Me (healthifyme.com), melon mengandung banyak serat yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berbagai macam masalah yang terjadi sistem pencernaan Anda, misalnya sembelit, bisa diatasi dengan mengonsumsi jenis buah itu.

Selain memperlancar buang air besar, Anda menjadi tak mudah lapar saat mengonsumsi melon secara rutin. Tak hanya itu, melon juga dilengkapi dengan vitamin C dan mineral. Artinya, sakit maag bisa teratasi dengan baik.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah melon lainnya yang bisa Anda dapat adalah tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Bagi penderita tekanan darah tinggi, usahakan untuk makan melon secara rutin. Kandungan potasium di dalamnya mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Selain B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh, lo

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Apakah rambut Anda mudah rontok dan rapuh? Jika iya, Anda bisa mengatasinya dengan buah melon. Mengutip dari Healthify Me, melon memiliki kandungan vitamin A yang banyak. Jenis vitamin itu mampu memicu produksi sebum.

Sebum berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Saat Anda menggunakan melon secara langsung pada rambut dalam bentuk masker, rambut akan tumbuh lebih sehat, panjang, dan berkilau.

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat buah melon adalah untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Melon mengandung banyak antioksidan. Mulai dari lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Jenis antioksidan tersebut mampu menjaga kesehatan mata Anda. Fungsi tersebut masih bisa bekerja secara maksimal karena adanya vitamin A.

Menurut sebuah penelitian, beta karoten dalam melon bisa menjaga mata agar tetap berfungsi secara normal. Selain itu, beta karoten juga mampu mengatasi penglihatan yang buruk dan masalah kesehatan mata lain yang berhubungan dengan usia.

Baca Juga: Tekanan darah naik? Infused water timun ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat buah melon selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Hal itu disebabkan oleh antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang mampu menjaga kesehatan usus. Kesehatan usus sangat berpengaruh pada kondisi sistem imun tubuh seseorang.

Bakteri baik dalam usus membantu bagian tubuh lain berfungsi secara optimal. Selain itu, vitamin C mampu menstimulus produksi sel darah merah. Artinya, tubuh bisa melawan lebih banyak mikroorganisme, virus, bakteri, atau zat racun yang menginfeksi.

Selanjutnya: Wow, mengonsumsi lima jenis buah ini ternyata bisa membantu turunkan berat badan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru