Kaya rasa, ini dia lima kuliner Singapura yang harus pelancong coba

Selasa, 21 Juli 2020 | 17:53 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Kaya rasa, ini dia lima kuliner Singapura yang harus pelancong coba


SINGAPURA - BANDUNG. Singapura merupakan negara yang memiliki pengaruh dari China, India, dan Melayu untuk urusan kulinernya. Karena itu, pelancong harus menjajalnya.

Lantas, makanan apa saja yang menjadi khas Singapura? Jika berkesempatan mengunjungi Singapura, Anda harus mencicipi lima makanan khas ini. Melansir Travel Savvy, berikut daftarnya:

Nasi ayam hainan

Singapura tak luput dari pengaruh budaya Tiongkok. Itu sebabnya, Anda akan mudah menemukan penjual nasi ayam hainan di negeri merlion.

Nasi ayam hainan merupakan kuliner yang sederhana tapi kaya rasa. Sebelum disajikan, nasi dimasak dengan jahe, kaldu ayam, dan saus khusus sehingga aromanya menjadi lebih khas.

Di piring lainnya, tersaji irisan ayam yang direbus dalam kaldu rempah. Kaldu ayam rempah inilah yang digunakan untuk memasak nasi ala hainan.

Baca Juga: Enak dan murah, ini lima makanan pinggir jalan yang harus dicoba di Penang

Roti prata

Selain dipengaruhi budaya Tiongkok, Singapura juga dipengaruhi budaya India. Salah satu hasilnya adalah roti prata. Roti prata ala Singapura ada dua versi: manis atau asin.

Jika suka rasa manis, Anda bisa menikmati roti prata dengan es krim. Anda juga bisa menikmati roti prata dengan saus kari jika lebih suka rasa asin.

Bak kut teh

Bak kut teh merupakan hidangan yang berbahan dasar iga babi. Iga babi dididihkan agar airnya bisa menjadi kuah kaldu yang gurih.

Setelah itu, kuah iga babi ini diberi bumbu cengkih dan bawang putih biar lebih beraroma dan menggugah selera. Jika kuah kaldu sudah matang dan iga babi sudah empuk, maka bak kut teh pun siap dinikmati dengan nasi putih.  

Chili crab

Berkunjung ke Singapura tidak sah jika belum mencoba chili crab. Seperti namanya, kepiting ini disajikan pedas-pedas.

Rasa pedas merupakan hasil dari perpaduan bumbu-bumbu penyedap, seperti cabai, bawang putih, bawang merah, jahe, dan minyak wijen, yang dilebur menjadi satu. Kemudian, pasta bumbu pedas ini melapisi kepiting hingga masuk ke cangkang-cangkangnya.

Baca Juga: Masih berlaku! Promo J.CO periode 10-31 Juli

Char kway teow

Char kway teow merupakan kwetiau goreng versi Singapura, yang dimasak di atas wajan dengan api besar. Adapun bahan-bahan yang dimasak adalah kwetiau, bakso ikan, telur, udang, dan taoge.

Terkadang, penjualnya menambahkan sambal agar rasa char kway teow jadi lebih pedas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru