Enak dan murah, ini lima makanan pinggir jalan yang harus dicoba di Penang

Senin, 20 Juli 2020 | 15:48 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Enak dan murah, ini lima makanan pinggir jalan yang harus dicoba di Penang


PENANG STREET FOOD - Penang, Malaysia, terkenal dengan makanan khas pinggir jalannya yang enak dan murah. Tak heran, makanan pinggir jalan ini begitu diburu oleh para wisatawan.

Jika berkesempatan mengunjungi Penang, Anda harus mencicipi lima makanan pinggir jalan ini. Melansir Travel Savvy, berikut daftarnya:

Char kway teow

Char kway teow merupakan kwetiau goreng khas Penang, Malaysia. Di Penang, ada banyak penjual char kway teow terpopuler yang sudah turun-temurun dari beberapa generasi.

Char kway teow dimasak di atas wajan dengan api besar. Adapun bahan-bahan yang dimasak adalah kwetiau, bakso ikan, telur, udang, dan taoge.

Baca Juga: Destinasi backpacker murah di Asia Tenggara, cocok untuk liburan pasca pandemi

Hokkien mee

Hokkien mee atau mi hokkien merupakan makanan hasil perpaduan budaya Melayu dan China. Mi hokkien dimasak di wajan panas dengan campuran udang, telur, cumi, dan bumbu.

Bedanya, mi hokkien khas Penang disajikan dengan kuah kaldu terpisah. Kuah kaldu terbuat dari rebusan tulang babi dan udang, sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Laksa

Jangan mengaku pernah ke Penang jika belum mencoba laksa. Pasalnya, laksa Penang merupakan makanan yang paling banyak dicari.

Bagaimana tidak? Kuah laksa begitu lezat karena ada campuran rempah, seperti serai, jahe, dan mint. Kuah kian tambah nikmat ketika dipadukan dengan mi yang kenyal dan topping yang beragam, semisal telur rebus, udang, atau ikan.

Baca Juga: Pulau Ungu, tempat wisata baru di Korea Selatan yang serba ungu

Lok-lok

Ada banyak orang yang menyukai lok-lok, apalagi wisatawan. Lok-lok atau sate celup merupakan makanan pinggir jalan yang menjajakan aneka daging, seafood, bakso, telur puyuh, hingga sosis yang ditusuk layaknya sate.

Setelah ditusuk, lok-lok direbus hingga matang lalu diberi saus sesuai pilihan konsumen. Lok-lok cocok untuk dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

Pasembur

Jika berjalan-jalan di Penang, Anda akan menemukan penjual pasembur. Ini adalah salad khas Malaysia yang terdiri dari campuran mentimun, kentang, lobak, taoge, dan seafood.

Setelah itu, campuran tersebut diguyur dengan saus kacang berasa manis dan pedas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru