Wisata

Destinasi backpacker murah di Asia Tenggara, cocok untuk liburan pasca pandemi

Senin, 20 Juli 2020 | 14:55 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Destinasi backpacker murah di Asia Tenggara, cocok untuk liburan pasca pandemi

ILUSTRASI. Ini dia destinasi backpacker murah di Asia Tenggara yang cocok untuk dijadikan tempat liburan pasca pandemi. Dok: 4bp.com

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Ada banyak destinasi backpacker murah di Asia Tenggara. Destinasi backpacker ini cocok untuk masuk dalam bucket list liburan pasca pandemi virus corona baru.

Soalnya, destinasi backpacker murah di Asia Tenggara ini menawarkan penginapan yang murah, kuliner enak, tempat wisata yang keren, dan pastinya pas di kantong.

Lantas, di mana saja destinasi backpacker murah di Asia Tenggara? Berikut daftarnya:

Bangkok, Thailand

Bangkok merupakan destinasi backpacker populer di Asia Tenggara. Di Ibu Kota Thailand ini, ada kawasan khusus untuk para backpacker dengan bujet terbatas, yaitu Khao San Road.

Khao San Road memiliki banyak hostel murah dengan tarif mulai 100 Baht atau Rp 46.000 per malam. Karena termasuk kawasan backpacker, Anda akan mudah menemukan jajanan kaki lima khas Thailand yang enak dan murah, seperti pad thai, banana roti, mango sticky rice, dan yang paling ekstrem seperti serangga goreng.

Baca Juga: Inilah kawasan yang wajib didatangi backpacker di Vietnam

Dari Khao San, Anda juga bisa berjalan kaki ke tempat-tempat wisata unggulan Thailand, seperti Grand Palace, Wat Pho, Yaowarat Road (China Town), dan pusat perbelanjaan semisal MBK Center, Central World, dan Siam Paragon.

Hoi An, Vietnam

Hoi An merupakan kota kecil di Vietnam yang termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sini, ada banyak tempat wisata seru yang bisa Anda kunjungi ,seperti Kota Lama Hoi An, Pantai Cua Dai, Pasar Malam Hoi An, Rumah Kuno Tan Ky dan Phung Hung.

Selain ada banyak tempat wisata seru, Hoi An juga memiliki tempat menginap bintang 3 dengan rata-rata tarif US$ 30 atau sekitar Rp 445.000 per malam. Ada juga hostel yang tentunya lebih murah dari hotel bintang 3.

Makanan khasnya pun cukup beragam, mulai dari pho, cao lau, hingga banh mi.

Bali, Indonesia

Sudah tidak diragukan lagi, Bali merupakan destinasi backpacker terpopuler. Di sini, ada banyak tempat yang bisa Anda eksplor, seperti Kuta, Legian, Seminyak, Canggu, Sanur, Uluwatu.

Baca Juga: Pulau Ungu, tempat wisata baru di Korea Selatan yang serba ungu

Tetapi, destinasi backpacker yang populer di Bali adalah Kuta. Di sini, Anda akan menemukan pantai yang indah, tambah lagi ada jalan-jalan yang penuh dengan penjual di Gang Poppies yang tersohor.

Penginapan di Kuta juga tersedia mulai dari hotel bintang 5 dengan bujet jutaan rupiah hingga hostel murah mulai Rp 50.000 per malam.

Makanan di Kuta, Bali pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada banyak makanan murah dan menggugah selera, seperti nasi jinggo, ayam betutu, sate lilit, dan bubur mengguh.

Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia punya kawasan khusus untuk para backpacker, yaitu Jalan Bukit Bintang. Terdapat banyak hostel murah mulai dari RM 15 atau sekitar Rp 52.000 per malam.

Dari sini, Anda juga bisa berjalanan kaki ke pusat perbelanjaan, seperti Pavilion KL, Plaza Sungei Wang, dan Fahrenheit88, kemudian sentral kuliner Jalan Alor, Petaling Street (China Town), dan Menara Kembar Petronas.

Baca Juga: Ini syarat masuk ke Taman Nasional Komodo saat pandemi

Kuliner khas Melayu juga jangan sampai Anda lewatkan. Ada banyak makanan khas Melayu yang menggugah selera, seperti nasi kandar, laksa, hokkien mee, dan lok-lok.

 

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru