Sport

Kebobolan 3 gol, De Gea masuk urutan terbawah di Premier League soal penyelamatan

Minggu, 07 Februari 2021 | 10:31 WIB Sumber: Kompas.com
Kebobolan 3 gol, De Gea masuk urutan terbawah di Premier League soal penyelamatan

ILUSTRASI. Kiper Manchester United David de Gea

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kiper Manchester United David De Gea terus dibayangi catatan buruk saat tampil di Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris musim ini. 

Terbaru, David De Gea harus kebobolan tiga gol ketika berhadapan dengan Everton di Stadion Old Trafford pada Minggu (7/2) dini hari WIB. 

Pada laga tersebut, Everton sejatinya hanya melancarkan tiga shots on target atau tembakan yang mengarah tepat ke gawang David De Gea. Namun, kubu Everton mampu mengonversikan ketiga shots on target itu menjadi gol. 

Klun besutan Carlo Anceloti itu pun berhasil membawa pulang satu poin dari markas Man United setelah mengakhiri laga dengan skor 3-3. 

Terkait hal itu, David De Gea artinya tak mampu menghalau setiap shots on target yang dilancarkan Everton pada laga tersebut. Hal ini memperparah catatan penyelamatan David De Gea pada Liga Inggris musim 2020-2021. 

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Gol telat Calvert-Lewin buyarkan kemenangan Manchester United

Melansir Squawka, persentase penyelamatan yang dilakukan David De Gea pada musim ini hanya mencapai 60,9%. Catatan itu terbilang mini jika dibandingkan dengan kiper lain yang juga tampil di kasta tertinggi Liga Inggris (minimal 15 penampilan). 

 

 

Apabila bicara soal persentase penyelamatan, David De Gea masuk urutan terbawah kiper Liga Inggris. Kiper asal Spanyol itu bahkan hanya unggul atas satu nama, yakni Rui Patricio, yang bermain untuk Wolverhampton Wanderers (Wolves). 

Adapun persentase penyelamatan Rui Patricio ada di angka 59,7%. Performa buruk David De Gea di bawah mistar gawang kemudian mengundang kritik, salah satunya dari Gary Neville selaku mantan pemain Man United yang kini berstatus sebagai pandit Sky Sports. 

Secara khusus, Gary Neville mengkritik penampilan David De Gea saat tampil kontra Everton. Menurut Gary Neville, seharusnya David De Gea bergerak lebih cepat saat berhadapan satu lawan satu dengan Dominic Calvert-Lewin yang mencetak gol ketiga bagi Everton. 

"David De Gea, pada menit akhir, bahkan dia tidak mendatangi bola," kata Gary Neville kepada Sky Sports. "Kiper seharusnya sangat cepat untuk keluar dari garis pada saat seperti itu," tutur Gary Neville. (Benediktus Agya Pradipta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "De Gea Masuk Urutan Terbawah di Premier League soal Penyelamatan".

 

Selanjutnya: Hasil Liga Italia: Ungguli AS Roma, Juventus bayangi duo Milan di klasemen

 

 

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru