Wisata

KEK Mandalika punya atraksi baru parasean

Senin, 27 November 2017 | 14:05 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
KEK Mandalika punya atraksi baru parasean

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok, kini memiliki atraksi budaya baru. Duel tradisional Lombok, Peresean telah mengisi kalender event wisata di Lombok Tengah.

Festival Peresean akan berlangsung di Pantai ITDC, Tanjung An, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai Rabu, 23 November 2017. Bibir pantai Tanjung An, Lombok Tengah berubah menjadi arena gladiator.

Parasean salah satu atraksi budaya andalan di Lombok Tengah. Duel ini selalu mendapat atensi luas masyarakat setempat. Sebelum duel, masing-masing tim dari kedua kubu melakukan ritual khusus. Mereka membentuk lingkaran sambil memanjatkan doa-doa. Bahkan, salah satu anggota memegang senjata tongkat rotan sambil meniupkan mantra.

Para pepadu (petarung) turun gelanggang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan tameng kayu (perisai). Setiap partai terdiri dalam tiga ronde, masing-masing ronde selama 1 menit. Atraksi ini semakin semarak dengan iringan gamelan. 

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Lalu Putria menjelaskan, secara garis besar Festival Peresean ini bertujuan melestarikan adat dan kesenian suku sasak. Peresean menjadi salah media mendongkrak pamor Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mandalika. "Bukan cuma sebagai hiburan bagi wisatawan lokal maupun asing di KEK, tapi lebih dari itu Festival Peresean ini menjadi promosi dari KEK Mandalika,” ujar Lalu.

 


Editor: Rizki Caturini


Terbaru