Kemkop dan UKM gelar pelatihan roasting coffee

Kamis, 01 Maret 2018 | 10:42 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kemkop dan UKM gelar pelatihan roasting coffee

Bimtek Kemenkop UKM


KOPI INDONESIA - JAKARTA. Guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk yang dihasilkan, Kemkop dan UKM menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Koperasi dan UKM (KUKM) pelaku usaha kopi. Materi yang diberikan terutama menyangkut Roasting Coffee (proses sangrai kopi) yang merupakan proses utama, karena akan menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan.

“Kegairahan para konsumen atau penikmat kopi maupun kafe-kafe kopi saat ini, patut disambut gembira namun juga jadi tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya KUKM, bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (1/3).

Untuk itu pihaknya mengambil inisiatif menggelar Bimtek  yang diarahkan untuk mempercepat peningkatan kualitas produk kopi dan difokuskan pada proses Roasting Coffee.

“Mengapa demikian? Karena proses ini sangat menentukan citarasa kopi yang akan dinikmati konsumen. Dengan kalimat lain, tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial dibanding dengan semua tahapan pengolahan kopi lainnya. Citarasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan,” jelas Wayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru