Kempar: Lombok menarik minat wisman muslim

Kamis, 21 Juni 2018 | 20:34 WIB   Reporter: Puspita Saraswati
Kempar: Lombok menarik minat wisman muslim

ILUSTRASI. Lombok


INDUSTRI PARIWISATA -  JAKARTA. Kementerian Pariwisata terus berupaya menjaring para turis asing untuk bisa mengejar target 17 juta wisman di akhir tahun ini serta 20 juta wisman di tahun 2020 nanti. Salah satunya dengan mengoptimalkan destinasi wisata muslim.

Kebetulan tahun ini Indonesia sudah berada di peringkat kedua Global Muslim Travel Index. Indonesia menggeser posisi Turki. Adapun tahun lalu posisi Indonesia ada di peringkat ketiga.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, keberhasilan Indonesia itu tidak terlepas dari adanya fasilitas pendukung bagi turis muslim. Seperti ketersediaan akses ibadah, restoran penyedia makanan halal, pelayanan bandara, akomodasi, komunikasi antara negara tujuan dan wisatawan, serta keamanan lingkungan dalam perjalanan.

"Tentunya ada peningkatan turis dari negara muslim, karena kami melihat untuk sementara tahun ini ada kenaikan turis asing secara total 22%," kata Arief yang ditemu dalam acara halal bi halal Kemenpar, Kamis (21/6)

Ditanya destinasi wisata mana yang saat ini menjadi primadona, Arief mengungkapkan Lombok memiliki potensi yang sangat besar menjadi destinasi yang muslim-friendly.

"Penerbangan langsung dari negara-negara muslim menuju
Lombok kenaikannya sangat signifikan. Contohnya ada sekitar 3 hingga 4 direct flight dari Malaysia ke Lombok per harinya," terangnya.

Imbasnya, prosentase okupansi hotel di Lombok secara terus menerus bertengger di angka 70-80% sepanjang tahun. Terlebih di musim libur Lebaran kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru