18 negara siap ikuti Tour de Lombok Mandalika

Rabu, 04 April 2018 | 10:55 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
18 negara siap ikuti Tour de Lombok Mandalika

ILUSTRASI. Mandalika


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pariwisata Lombok makin hari makin bergairah. Sebanyak 18 negara dipastikan akan mengikuti balap sepeda internasional bertajuk "Tour de Lombok Mandalika" 2018. Even ini akan digelar pada 13-15 April, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita sudah luncurkan Tour de Lombok Mandalika 2018, Minggu kemarin. Ini sekaligus untuk memantapkan persiapan destinasi yang akan dilalui rute balap sepeda," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Rabu (4/4).

Tour sepeda yang berlisensi "Uni Cyliste Internationale (UCI) 2.2 ini akan dilaksanakan dalam tiga etape balap. Seluruh rutenya, akan menjelajahi destinasi wisata yang ada di lombok.

Yang pertama, ada Kuta Mandalika-Kota Mataram yang menempuh jarak sekitar 84,4 kilometer. Rute ini akan mengambil start di Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah dan finish di depan kantor Gubernur NTB di Jalan Pejanggik, Kota Mataram. Sedangkan untuk etape kedua, ada rute Mataram - Sembalun, Lombok Timur, yang siap dieksplor. Sementara etape ketiga, ada sirkuit di Kota Mataram yang siap menanti.

"Saat ini semua destinasi yang akan dilintasi para pebalap TdLM 2018 kita persiapkan lebih matang lagi. Sebab event sport tourism ini menjadi salah satu promosi positif bagi pariwisata NTB. Ini sekaligus upaya mendorong Lombok menjadi destinasi sport tourism berskala internasional," jelas Faozal.

Faozal mengatakan untuk TdLM 2018 ini, para pebalap akan memperebutkan point UCI dan juga hadiah tunai yang totalnya mencapai Rp 350 juta.

Sementara itu, perwakilan PB ISSI, Yunita menjelaskan, event TdLM 2018 berlisensi UCI 2.2 akan diikuti sekitar 18 tim pebalap sepeda dari 18 negara. Setiap tim rata-rata terdiri dari lima orang. "Ada 18 tim dari 18 negara yang ikut dalam TdLM 2018 ini, seperti dari Malaysia, Jepang, Australia, Kazakhtan, Tiongkok, dan negara lainnya. Timnas Indonesia juga ikut dalam kegiatan ini," sebut Yunita.

Apresiasi diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya atas rencana digelarnya TdLM 2018. Baginya, TdLM 2018 adalah salah satu bukti konkrit keseriusan NTB dalam mempromosikan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru