Kempar promosi pariwisata Indonesia lewat pameran di Sarawak

Kamis, 06 September 2018 | 09:24 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kempar promosi pariwisata Indonesia lewat pameran di Sarawak

ILUSTRASI. Logo Wonderful Indonesia


WISATA - JAKARTA. Wonderful Indonesia akan menawarkan experience baru bagi publik Serawak. Lewat MATTA Fair Serawak 2018 yang digelar 7 sampai 9 September, pariwisata Indonesia dipasarkan.

“MATTA Fair Serawak 2018 ini program besar. Event ini selalu menarik banyak kunjungan. Khususnya masyarakat lokal di Serawak. Potensi besar ini coba kami manfaatkan,” ungkap Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata (Kempar) Sumarni dalam siaran persnya, Kamis (6/9).

Digelar kali ke-13, MATTA Fair Serawak 2018 merupakan bursa travel B to C terbesar di Serawak. Acara digelar di CityOne Megamall, Kuching, Serawak, Malaysia.

Sumarni menambahkan, MATTA Fair Serawak merupakan program sales mission yang paling besar di wilayah Serawak. Sebanyak 6 pelaku industri pariwisata dilibatkan. Mereka berasal Jakarta, Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kami libatkan beberapa industri dari Indonesia. Namun, kami tetap memberikan slot bagi 4 industri pariwisata di Serawak. Ini akan menjadi sinergi yang baik. Yang jelas, kami tawarkan experience baru bagi masyarakat Serawak. Daerah itu bagus, unik, dan menarik. Pasti ada hal baru yang menyenangkan bila berkunjung ke sana, selain destinasi di Kalimantan Barat,” kata Sumarni.

Selama ini, masyarakat Serawak memang sangat familiar dengan destinasi di wilayah Kalimantan Barat. Hal serupa juga terjadi pada publik Brunei Darussalam.

Tingkat kunjungan ke wilayah Kalimantan Barat pun sangat positif. Masuk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, setiap harinya pintu ini rata-rata dilewati oleh 500-700 wisman. Mereka wisatawan asal Malaysia, Brunei Darussalam, juga Singapura.

Dengan berbagai fasilitas terbaik yang dimilikinya, PLBN Entikong menjadi pintu besar bagi wisatawan asal Kuching dan wilayah lain di Serawak.

Asal tahu saja, jumlah kunjungan wisatawan Serawak setiap harinya mencapai 60%-70% dengan kenaikan 10%-15% dari tahun lalu. Untuk wisatawan Brunei, rata-rata slot per harinya 50-100 wisatawan. Jumlah itu melonjak 50% dari tahun lalu.

Beragam keramahan disajikan Wonderful Indonesia di MATTA Fair Serawak 2018. Ada dance performance dan refreshment corner (barista). Apalagi, event ini menjadi kolaborasi besar Kementerian Pariwisata dengan KJRI Kuching.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru