Kenali 6 Posisi Pemain Bola Voli beserta Tugasnya, Ada Libero hingga Smasher

Senin, 07 Agustus 2023 | 13:27 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali 6 Posisi Pemain Bola Voli beserta Tugasnya, Ada Libero hingga Smasher


Aturan Bola Voli - JAKARTA. Kenali jenis-jenis posisi pemain bola voli beserta tugasnya di lapangan. Permainan bola voli tentu sudah tidak asing diperkenalkan sejak dini melalui pelajaran di sekolah.

Secara definis, permainan bola voli merupakan sebuah olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 6 pemain dengan tugas yang berbeda.

Hal ini bertujuan adalah untuk mencetak poin dengan mengirimkan bola melintasi net dan menjatuhkannya di sisi lawan.

Ada beberapa posisi pemain bola voli yang terdiri atas 6 pemain dengan tugas tertentu. Seperti Setter, Libero, Middle Blocker, Outside Hitter, Opposite Hitter, hingga Opposite Setter.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Buat Anda yang Lagi Demam Sepak Bola, Sudah Nonton Semua?

Bola voli

Saat melihat penampilan atlet bola Voli ada beberapa pemain dengan postur dan berseragam yang berbeda. Posisi ini disematkan pada Libero yang seringkali menjadi pemain terkecil dalam barisan.

Karena mereka hanya bermain di barisan belakang dan tidak diperbolehkan melakukan spike dan menukar ketinggian untuk kelincahan dan akurasi ekstrim.

Nah, alasan libero mengenakan Jersey berbeda adalah agar libero tidak dapat berputar ke barisan depan atau menyerang bola. Selai itu, dengan mengenakan kaus berwarna berbeda ke anggota tim lainnya juga dapat membantu wasit melacak posisi di lapangan.

Ada juga peran Setter sering dianggap sebagai yang tersulit karena tanggung jawab besar yang miliki untuk menciptakan peluang ofensif bagi tim. Setter benar-benar adalah perekat yang menyatukan pertahanan dan serangan.

Setter terus-menerus berkomunikasi dengan pengoper, pemukul, dan staf pelatih untuk memastikan semua orang berada di halaman yang sama.

Baca Juga: Ini 7 Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Cocok bagi Anak Muda

Berikut ini beberapa tugas dan posisi pemain bola voli yang dapat menjadi informasi baru bagi pemula.

Tugas dan posisi pemain bola voli

Berikut adalah enam posisi pemain bola voli beserta tugasnya dirangkum dari Volleyball Vault.

1. Setter

Setter merupakan posisi sentral yang berperan dalam menyusun serangan tim. Tugas utama setter adalah menerima bola pertama dari penerima servis (server) dan menentukan siapa yang akan menerima bola dan siapa yang akan menyerangnya.

Sehingga, Setter bertanggung jawab untuk memastikan serangan tim berjalan dengan baik dan mengatur pola permainan.

2. Outside Hitter atau Smasher

Pemain di posisi penyerang luar bertugas menyerang bola dari area sisi luar lapangan. Tugas yang diemban dari smasher untuk mencetak poin dengan melepaskan tembakan yang kuat dan akurat, baik melalui serangan keras maupun tembakan tip atau roll shot.

3. Middle Blocker (Pemain Blok Tengah)

Pemain di posisi pemain blok tengah berada di garis pertahanan depan tim. Tugas Blocker tengah ini adalah untuk mencegah serangan dari penyerang lawan dengan melakukan blok atau pemblokiran atas bola lawan.

Blocker bisa berkomunikasi dengan libero untuk menentukan posisi bergantian untuk bertahan dari serangan lawan.

4. Opposite Hitter atau Spiker

Pemain di posisi penyerang lawan adalah penyerang yang berlawanan dengan setter dalam formasi. Tugas utamanya adalah untuk menjadi opsi serangan lainnya dan menyediakan variasi serangan tim.

5. Defensive Specialist (Libero)

Libero adalah posisi pemain bertahan khusus yang berperan dalam pertahanan tim. Sehingga, Libero akan mengenakan seragam berbeda dan memiliki peraturan khusus terkait pergantian pemain.

Tugas libero lainnya adalah untuk mengambil bola yang digiring oleh lawan dan mempertahankan bola agar tetap dalam permainan.

6. Tosser

Pemain di posisi setter lawan atau Tosser adalah pemain yang menggantikan setter utama saat giliran berada di garis servis. Tugas Tosser ini adalah untuk mengatur serangan tim ketika setter utama tidak berada di garis servis.

Sehingga, ritme permainan seperti penentuan momentum umpan ke smasher adalah tugas dari Tosser.

Pendapat lain terkait 7 atau 6 posisi pemain bola voli

Beberapa orang berpendapat sebenarnya ada 7 posisi dalam tim bola voli. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu strategi pada tim saat permainan lawan cukup sengit dan sulit.

Dalam keadaan tertentu, seorang pemain dapat dimasukkan ke dalam permainan murni untuk mencoba dan memenangkan poin melalui servis yang sangat kuat.

Situasi Sempurna untuk Seorang Spesialis sebagai posisi ke-7

Meski jarang terjadi, tetapi ini bisa menjadi opsi ketika tim memiliki server yang sangat kuat, mungkin dimasukkan ke dalam permainan hanya untuk melakukan tugas dan kemudian diganti kembali dari rotasi setelah selesai melakukan servis.

Apabila Anda memiliki pemain di bangku cadangan yang memiliki servis yang sangat andal dan efektif, ini mungkin situasi yang ideal untuk memasukkan posisi sebagai spesialis servis dengan harapan dapat mengamankan set dari tekanan servis sendiri.

Perlu diingat bahwa dalam permainan bola voli, pemain sering kali memiliki banyak peran dan keterampilan yang berbeda, terutama dalam tim amatir atau pemain muda. Namun, posisi-posisi di atas merupakan posisi yang umum ditemukan dalam tim bola voli kompetitif.

Demikian informasi posisi pemain bola voli beserta tugasnya di lapangan yang wajib diketahui oleh pemula.

Selanjutnya: Menko Marves Tarik Investor PLTS Singapura dan China ke Indonesia

Menarik Dibaca: Mau Tampil Ganteng? Ini Tips Style Fashion Pria dengan Brand Lokal dari Tokopedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru