Kenali bermacam sifat umum kucing peliharaan

Kamis, 11 November 2021 | 12:00 WIB Sumber: The Nest,Denver Post
Kenali bermacam sifat umum kucing peliharaan

KONTAN.CO.ID - Kucing bisa menjadi pelipur lara yang baik untuk seseorang yang bersedih dan kesepian. Sifat ceria mereka memang selalu menggemaskan. Namun, jangan lupa bahwa kucing juga memiliki karakternya sendiri ya, Moms.

Kendati demikian, kucing pada umumnya memiliki beberapa sifat dan tingkah yang sama, loh. Hal ini didasari oleh naluri alaminya sebagai seekor kucing. Dilansir dari Pets.thenest.com, berikut beberapa sifat dan karakter umum kucing yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda memahami preferensi kucing peliharaan di rumah. Simak yuk!

Selalu Ingin Tahu

Jika Anda pernah mendapati kucing mengendus-endus sesuatu, ini karena salah satu sifatnya yang memang selalu ingin tahu. Kucing sebenarnya hewan yang cepat bosan, karenanya dia suka mencari hal-hal baru untuk menghilangkan kebosanan.

Kucing yang jarang mengeluarkan energinya (bermain) juga akan memiliki sifat ini, bahkan lebih berbahaya karena memiliki kecenderungan ingin merusak. Oleh karena itu, sebagai pemilik Anda perlu menyediakan permainan yang membuatnya tidak bosan.

Baca Juga: Xi Jinping: Asia-Pasifik tidak boleh kembali ke era Perang Dingin

Cepat Gelisah

Dilansir dari Denverpost.com, dalam sebuah penelitian yang melakukan tes kepribadian pada sekitar 2800 kucing domestic di Australia dan Selandia Baru, diperoleh hasil kucing mengalami cemas dan takut dengan skor yang tinggi. Ini menandakan bahwa kucing pada umumnya sangat rentan dengan kecemasan dan kegelisahan yang diakibatkan oleh rasa takut.

Namun, ini tidak menutup kemungkinan kecemasan diakibatkan oleh kucing yang tertekan dan trauma. Pernahkah Anda memperhatikan ini ke kucing Anda?

Suka Bermain

Ya, kucing adalah hewan yang suka bermain. Permainan yang paling disukai kucing adalah permainan mengejar dan berburu. Mereka suka menangkap hal-hal yang unik seperti bulu-buluan atau permainan tikus plastik. Bahkan mereka suka memainkan kertas atau plastik yang tergeletak di atas ubin.  

Baca Juga: Harga mobil bekas Honda BR-V turun jadi Rp 130 jutaan per November 2021

Mendominasi

Dominasi oleh kucing biasanya akan terlihat bila Anda memelihara beberapa ekor kucing di rumah. Dominasi ini akan tampak seperti kucing suka mengambil milik kucing lain seperti makanan, mainan, bahkan kotak kotoran. Kucing dengan kepribadian ini biasanya akan disegani oleh kucing yang lebih lemah. Namun, hal yang paling mengkhawatirkan adalah ketika kucing jantan mulai melakukan penandaan urin.

Urin digunakan oleh kucing sebagai tanda pesan kepada kucing lain. Pesan ini adalah bahwa apapun yang ditandai kucing itu adalah miliknya dan kucing lain harus pergi. Sebagian besar, kucing yang tidak dikebiri akan meninggalkan tanda. Sementara kucing rumahan biasanya tidak memiliki konflik ini. Meskipun dia tinggal bersama kucing lain, kehidupannya dapat diprediksi dan nyaman. Kucing rumahan jarang merasa terancam.

Ramah

Kucing pada umumnya hewan yang ramah, penyayang, dan jinak. Mereka tidak termasuk hewan yang buas, meski terkadang mereka menggigit atau mencakar. Ini alami sebagai bentuk perlindungan dirinya. Namun, mereka sangat pandai beradaptasi dengan lingkungan rumah, bahkan tinggal bersama hewan lainnya seperti anjing.

 

Selanjutnya: Investasikan Rp 47,5 miliar, PLN jamin pasokan listrik di Sirkuit Mandalika

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru