Edukasi

Kenali perbedaan teknik komputer, informatika & sistem informasi

Selasa, 04 Mei 2021 | 04:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Kenali perbedaan teknik komputer, informatika & sistem informasi

KONTAN.CO.ID -  Di bidang ilmu teknologi, sering kali masyarakat masih bingung membedakan teknik komputer, informatika, dan sistem informasi.

Banyak yang mengira jika ketiga jurusan tersebut sama hanya namanya saja yang berbeda. Padahal ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat mulai dari pengertian hingga mata kuliah yang dipelajari. 

Bersumber dari laman Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ketiga jurusan tersebut memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi informasi. 

“Spesialisasi berbeda namun saling melengkapi,” ujar Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi ITS, Nisfu Asrul Sani. 

Baca Juga: Asik! Pendaftaran sekolah kedinasan Kemenhub masih dibuka, simak informasinya

Perbedaan teknik komputer, informatika, dan sistem informasi

Menurut pria yang biasa disapa Soni ini, pengertian dari ketiga jurusan serta mata kuliah yang dipelajari selama kuliah berbeda. Berikut ini perbedaan dari teknik komputer, informatika, dan sistem informasi yang dirangkum dari laman ITS. 

1. Teknik Komputer 

Jurusan ini merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). 

Mata kuliah yang dipelajari kebanyakan tentang perangkat lunak dan keras. Lulusan teknik komputer biasanya bertugas membuat alat yang kemudian dipakai untuk berbagai informasi.

2. Informatika 

Informatika adalah disiplin ilmu yang fokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan seluruh kemampuan kecerdasan buatan, pemrograman, dan jaringan komputernya. 

Mahasiswa jurusan ini nantinya akan fokus pada bagaimana mengoptimalkan kinerja subsistem. “Untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat,” jelas Soni. 

3. Sistem Informasi 

Bidang keilmuan ini berfokus pada pengelolaan informasi dalam pengembangan proses bisnis sehingga dapat membentuk suatu sistem yang efektif dan efisien. 

Nantinya Anda akan banyak mempelajari manajemen sistem, yakni dari perancangan, penggunaan serta evaluasi. Materi kuliah tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) tetap diberikan namun dalam porsi yang lebih sedikit.

Selanjutnya: Mengenal rotasi dan revolusi bumi serta dampaknya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru