Kenapa WhatsApp Tidak Bisa di Update? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Memperbaiki

Kamis, 09 Maret 2023 | 14:16 WIB   Penulis: Arif Budianto
Kenapa WhatsApp Tidak Bisa di Update? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Memperbaiki

ILUSTRASI. Kenapa WhatsApp Tidak Bisa di Update? Yuk Cari Tahu Penyebabnya dan Cara Memperbaiki


WHATSAPP - Kenapa WhatsApp tidak bisa di update? Yuk cari tahu penyebabnya dan cara memperbaiki. Salah satu hal yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa di update adalah ruang penyimpanan yang tidak cukup, namun tidak menutu pkemungkinan ada penyebab lainnya seperti berikut ini.

Mau update aplikasi WhatsApp mengalami kendala atau mungkin masalah lainnya yang menyebabkan hal itu tidak bisa di update. Asal Anda tahu, WhatsApp kerap kali menambahkan update yang akan menghadirkan fitur baru.

Seperti update terbaru WhatsApp beberapa waktu lalu yang menambahkan fitur berfokus pada status.  Lewat update terbaru ini, pengguna WhatsApp yang hobi update status dapat menambahkan  "Status Suara", memberikan reaksis status hingga menampilkan lingkaran profil di status seseorang.

Ya, itulah salah satu manfaat ketika menggunakan WhatsApp yang senantiasa di update. Benefit lainnya ketika pengguna rutin update WhatsApp adalah dari sisi keamanan dan perbaikan hingga peningkatan sistem agar pengguna dapat menikmati pengalaman terbaik saat menggunakan aplikasi tersebut.

Sayangnya, tidak semua pengguna WhatsApp bisa update aplikasi tersebut. Beberapa pengguna mungkin menemukan permasalahan tertentu yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa di update.

Diktuip dari website atau situs resmi FAQ WhatsApp, setidaknya ada 4 poin utama hal yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa update. Berikut ini penyebab yang dapat Anda ketahui mengapa WhatsApp tidak bisa update.

logo whatsapp

Baca Juga: Cara Login ChatGPT Pakai Akun Google, Banyak yang Belum Paham

1. Tidak ada cukup ruang pada perangkat

Salah satu kendala WhatsApp tidak bisa di update adalah ruang penyimpanan yang tidak cukup. Hapus foto, video, lagu atau file lain di HP Anda agar ruang penyimpanan lebih lega.

Ada pun cara lainnya untuk menyiasati ruang penyimpanan HP tetap lega dengan menghapus cache dan data Google Play Store. Temukan cara lengkapnya berikut ini:

  • Buka Setelan perangkat, lalu ketuk Aplikasi & notifikasi Google Play Store > Info aplikasi Penyimpanan HAPUS CACHE.
  • Ketuk HAPUS DATA OKE.
  • Mulai ulang (restart) perangkat atua HP, lalu coba unduh WhatsApp lagi.

Disarankan untuk menyediakan ruang kosong minimum 1 GB ketika download atau update WhatsApp.

2. Aplikasi tidak kompatibel dengan HP Anda 

Penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa di update selanjutnya adalah aplikasi yang tidak kompatibel dengan HP Anda. Bagi pengguna HP Android, minimal versi Android yang kompatibel dengan WhatsApp adalah OS4.1 dan yang lebih baru.

Untuk pengguna iOS (iPhone), versi iOS yang mendukung WhatsApp adalah iOS 12 atau yang lebih baru.

Pastikan HP yang Anda gunakan juga dapat menerima SMS atau panggilan agar saat login ke WhatsApp dapat menerima kode verifikasi.

Baca Juga: Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan? Yuk Cari Tahu Penyebabnya Berikut ini

3. Item ini tidak tersedia di negara Anda

Jika saat update WhatsApp menemukan pesan kesalahan bahwa aplikasi tidak tersedia di negara Anda, download WhatsApp APK lewat situs resminya. Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa diupdate.

Cara mengatasi atau memperbaiki hal tersebut, Anda juga bisa download aplikasi WhatsApp APK Android lewat link resmi berikut ini:

  • Link download WhatsApp APK Android terbaru: https://www.whatsapp.com/android

Setelah berhasil download file WhatsApp APK Android, ubah pengaturan dengan mengetuk Setelan > Izinkan dari sumber ini. Selanjutnya buka WhatsApp APK untuk mengisntall aplikasi tersebut di HP Android Anda.

4. Kode kesalahan lainnya

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ada pun kode kesalahan lainnya yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa di update. Berikut ini beberapa kode kesalahan yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa di update dan penjelasannya.

  • Kode kesalahan: 490, cek kembali data seluler atau koneksi Wi-Fi. Anda juga dapat menghapus cache untuk mengatasi permasalahan tersebut.
  • Kode kesalahan: 403, 495, 504, 911, 920, 923, RPC error, file paket tidak valid, kesalahan gagal memasang atau mengunduh. Kode kesalahan ini dapat diatasi dengan cara download WhatsApp lagi.
  • Kode kesalahan: 101, 498, dan 919, ikuti instruksi yang ada di bagian "Tidak ada cukup ruang perangkat" dan cobalah memasang WhatsApp lagi.
  • Kode kesalahan: 413, 481, 491, 505, 907, 910, 921, 941, dan DF-DLA15. Hapus akun di Google Play Store, lalu login kembali. Anda juga dapat menhapus cache hingga download ulang WhatsApp untuk mengatasi kode kesalahan tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat Anda ketahui tentang 4 hal utama yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa diupdate. Dari beberapa penyebab yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda juga dapat mencari tahu bagaimana cara memperbaiki atau mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru