Keren! Bilik tes swab UI masuk Top 21 penanganan Covid-19

Jumat, 27 November 2020 | 09:07 WIB Sumber: Kompas.com
Keren! Bilik tes swab UI masuk Top 21 penanganan Covid-19

ILUSTRASI. Universitas Indonesia (UI) berhasil menorehkan prestasi di tengah pandemi Covid-19.


COVID-19 - JAKARTA. Universitas Indonesia (UI) berhasil menorehkan prestasi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu produk inovasi karya sivitas akademika multidisiplin ilmu berhasil meraih penghargaan sebagai Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19.

Bilik Test Swab Covid-19 karya UI meraih penghargaan untuk kategori ketangguhan massal, yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). 

Piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi Nurtami di Jakarta, Rabu (25/11/2020). 

Bilik Tes Swab (Swab Test Chamber) Covid-19 didesain untuk menjaga keamanan tenaga kesehatan dalam pengambilan sampel saat PCR Test. Bilik tes ini aman bagi tenaga kesehatan dan pasien tes berikutnya, karena dilengkapi dengan disinfektan dan ultraviolet. 

Baca Juga: Gigi copot, konsekuensi lain dari keganasan virus corona?

Untuk komunikasi dengan pasien di luar, bilik dilengkapi sistem penerangan dan audio. Inovasi Bilik Tes SWAB dilakukan oleh para dokter di Fakultas Kedokteran (FKUI), insinyur di Fakultas Teknik (FTUI), dan para akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI), yang bekerja sama dengan Rumah Sakit UI (RSUI). 

Pembuatan bilik swab tersebut memperoleh dukungan pendanaan inovasi pada Program Pendanaan Perancangan dan Pengembangan Purwarupa (P5) dari Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI). 

Baca Juga: Ini panduan WHO terbaru hadapi Covid-19, khusus untuk usia orang dewasa

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam laman resmi Kementerian PANRB, disebutkan bahwa inovasi pelayanan publik penanganan Covid-19 dibagi menjadi tiga kategori yakni, kategori Respons Cepat Tanggap atau Quick Wins, kategori Pengetahuan Publik atau Public Knowledge, serta kategori Ketangguhan Masal (Massive/Social Resilience). 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru