Ketahui 10 Tanda HP Anda Perlu Diganti, Cek Sekarang Juga

Rabu, 28 Agustus 2024 | 11:04 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Ketahui 10 Tanda HP Anda Perlu Diganti, Cek Sekarang Juga

ILUSTRASI. Ketahui 10 Tanda HP Anda Perlu Diganti, Cek Sekarang Juga


TIPS & TRIK - Pesatnya perkembangan teknologi menuntut kita untuk terus selalu dekat dengan perangkat smartphone atau handphone (HP). Kedekatan itu membuat Anda harus memahami dengan pasti kondisi HP yang Anda miliki.

Seperti halnya barang elektronik lain, HP juga memiliki masa lemah. Pada umumnya, HP mulai terasa lemah ketika memasuki usia lebih dari 5 tahun.

Pada momen itu, kondisi fisik HP mungkin mulai terlihat buruk sehingga Anda merasa sudah saatnya untuk membeli perangkat baru.

Di luar itu, ada banyak faktor internal yang bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti HP. Tanda-tanda ini bahkan bisa muncul di tahun-tahun awal pembelian sesuai dengan pemakaian.

Berikut adalah tanda-tanda Anda harus mengganti HP.

Baca Juga: Ini 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Ngelag Paling Efektif

1. Baterai Mulai Lemah

Ciri baterai HP yang mulai lemah adalah cepat kehabisan daya dan memunculkan suhu panas berlebih saat digunakan.

Tanda lainnya adalah daya baterai sangat lama terisi dalam proses pengisian daya. Ada kalanya Anda mungkin mengalami baterai yang tidak terisi sama sekali. 

2. Ruang Penyimpanan Semakin Sesak

Jika HP Anda saat ini sudah berusia lebih dari 5 tahun, kapasitas memori HP Anda mungkin sudah tidak sanggup mengelola besarnya data aplikasi masa kini.

Penyimpanan yang semakin sesak ini praktis akan membuat performa HP Anda semakin lambat dan segala aktivitas semakin terganggu. Di momen ini, Anda sebaiknya mempersiapkan dana untuk mengganti HP.

3. Aplikasi Sering Crash

Aplikasi yang sering crash atau tertutup secara mendadak juga menjadi tanda HP Anda mulai tidak baik-baik saja. Salah satu pemicunya adalah kemampuan penyimpanan yang semakin lemah.

Tertutupnya aplikasi seara mendadak jadi pertanda jelas bahwa HP Anda harus segera diganti.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP 1 Jutaan Terbaik 2024: Kamera 50MP, RAM Besar, Baterai Awet

4. Performa Makin Lambat

Performa makin lambat atau lemot juga jadi masalah yang sangat merepotkan. Kasus ini umumnya disebabkan oleh tipe prosesor yang sudah ketinggalan zaman.

Ketika ini terjadi, Anda sebaiknya segera mencari HP baru dengan tipe prosesor yang lebih muda dan bertenaga.

5. Tidak Ada Pembaruan Sistem Keamanan

Produsen HP selalu memberikan layanan pembaruan sistem keamanan secara rutin dalam beberapa bulan sekali. Jaminan keamanan ini tentu diberikan untuk periode tahun tertentu.

Jika HP Anda sudah tidak lagi mendapatkan pembaruan sistem keamanan, itu saatnya Anda membeli HP baru. Tanpa adanya sistem keamanan, data Anda akan sangat rawan.

6. Tidak Ada Pembaruan Sistem Operasi

Seperti halnya sistem keamanan, produsen juga memberikan jaminan pembaruan sistem operasi agar HP Anda bisa terus bekerja dengan sistem aplikasi terbaru.

Tanpa adanya pembaruan sistem operasi, HP Anda tidak akan bisa menggunakan sejumlah aplikasi model baru. Dengan begitu, fungsi HP Anda jelas menjadi tidak maksimal lagi.

7. Sering Mati Mendadak

HP yang sering mati mendadak juga sering jadi masalah produk lawas. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab, termasuk baterai yang lemah serta prosesor yang sudah tidak bertenaga.

Gangguan yang fatal ini jelas membuat seluruh aktivitas Anda akan terganggu. Jika sudah ada di situasi ini, Anda disarankan untuk mengganti HP.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2024: RAM Besar, Baterai Awet, Kamera 108MP

8. Jaringan Mulai Terganggu

Tanda Anda perlu mengganti HP lainnya adalah ketika jaringan seluler mulai terganggu. Banyak kasus terjadi menyebabkan HP sama sekali tidak sanggup menangkap sinyal seluler dan internet.

Tanpa kemampuan itu, HP Anda rasanya sudah tidak berarti lagi. Mengganti HP jelas jadi solusi.

9. Fitur Ketiggalan Zaman

Perkembangan fitur HP saat ini semakin pesat. Dalam waktu singkat, sederet fitur baru mungkin hadir dan membuat HP lawas Anda terlihat menyedihkan.

HP yang sudah tidak mampu mengikuti perkembangan zaman dari segi fitur tentu akan membuat Anda kesulitan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

10. Kualitas Kamera Mulai Menurun

Tanda Anda harus mengganti HP berikutnya adalah ketika kualitas kamera HP Anda mulai terlihat sangat buruk. Kamera buruk jelas akan membuat Anda tidak mampu lagi menangkap foto dan video dengan kualitas tinggi.

Saat ini rata-rata HP sudah memiliki kamera dengan resolusi hingga 32MP. Beberapa HP dengan harga Rp 1 jutaan bahkan sudah dilengkapi kamera 108MP. Jika kualitas kamera HP Anda sudah ada di bawah rata-rata, itu saatnya membeli produk baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru