Ketahui Apa Arti dari Acuh Tak Acuh dan Penggunaan dalam Kalimat

Senin, 20 November 2023 | 11:17 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ketahui Apa Arti dari Acuh Tak Acuh dan Penggunaan dalam Kalimat


EDUKASI - JAKARTA. Pahami penggunaan kata Acuh tak Acuh dan artinya dalam bahasa Indonesia. Setiap orang indonesia tentu pernah mendengar kata Acuh tak Acuh.

Apa arti Acuh tak acuh? Arti dari "acuh tak acuh" adalah sikap atau perilaku seseorang yang tampak tidak peduli, tidak tertarik, atau cuek terhadap sesuatu atau seseorang di sekitarnya.

Kata tersebut terdiri dari kata Acuh yang berarti Peduli atau Mengindahkan. Ini merujuk pada seseorang yang memiliki rasa empati pada suatu kejadian.

Sementara, kata Acuh tak acuh tentu memiliki artian berbeda. Sebagai gambaran, orang yang bersikap acuh tak acuh cenderung menunjukkan ketidakpedulian atau keengganan untuk memberikan perhatian.

Baca Juga: Apa itu Grok? Yuk Cari Tahu Tentang Chatbot AI Besutan Elon Musk

Penggunaan kata Acuh tak Acuh

Ilustrasi Acuh tak Acuh

Kata ini bisa menggambarkan seseorang yang tidak memberikan respons yang memadai terhadap situasi atau perasaan orang lain.

Sikap ini dapat muncul karena berbagai alasan, termasuk ketidakpedulian, kebosanan, atau kurangnya perhatian terhadap hal yang sedang terjadi.

Untuk itu, pahami penggunaan contoh penerapan kata "acuh tak acuh" dalam beberapa kalimat dan situasi.

Baca Juga: Apa Itu Kleptomania? Ini Penyebab dan Beda Kleptomania dengan Pencuri Biasa

1. Sebagai Kalimat Umum

"Meskipun teman-temannya bersemangat menceritakan pengalaman seru mereka, John tetap bersikap tidak berminat dan acuh tak acuh."

2. Dalam Konteks Perasaan

"Anna merasa kecewa karena David nampak acuh tak acuh terhadap perasaannya, bahkan setelah Anna dengan jelas menyatakan perasaannya padanya."

3. Dalam Konteks Pekerjaan

"Manajer baru tersebut kerap kali menunjukkan sikap acuh tak acuh terhadap ide-ide kreatif yang diajukan oleh timnya, sehingga semangat kerja mereka menurun."

4. Dalam Konteks Lingkungan Sosial

"Saat diadakan acara amal, beberapa tetangga menunjukkan ketidakberminatan dengan tidak berpartisipasi atau memberikan dukungan."

5. Dalam Situasi Krisis

"Meskipun terjadi bencana alam di sekitarnya, beberapa orang tetap menunjukkan ketidakpedulian dan tidak memberikan bantuan kepada yang membutuhkan."

Penerapan kata "acuh tak acuh" sering kali menggambarkan ketidakpedulian atau kurangnya respons positif terhadap situasi atau orang lain.

Sikap ini dapat muncul dalam berbagai konteks dan dapat memiliki dampak negatif pada hubungan sosial atau interaksi sehari-hari.

Demikian informasi terkait penggunaan kata acuh tak acuh yang perlu diketahui penggunaan yang benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru