Kia KY, MPV terbaru yang bakal temani peluncuran Kia Seltos dan Kia Sonet di 2022

Rabu, 28 April 2021 | 15:37 WIB Sumber: Gaadi Waadi
Kia KY, MPV terbaru yang bakal temani peluncuran Kia Seltos dan Kia Sonet di 2022

ILUSTRASI. Kia KY, MPV terbaru yang bakal temani peluncuran Kia Seltos dan Kia Sonet pada 2022.


KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Kia akan merilis sebuah varian mobil Kia dengan jenis MPV. Mobil Kia terbaru ini akan meluncur antara 2021 dan 2022. Yang jelas, nama awal dari MPV itu adalah Kia KY.

Kia Motors India telah resmi berganti nama menjadi Kia India. Selain itu, Kia mengumumkan sejumlah kabar termasuk peluncuran Kia Seltos dan Kia Sonet yang diperbarui dengan logo dan fitur baru pada Mei 2021.

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengungkapkan, akan merilis mobil Kia terbaru untuk menjaga kondisi pasar di luar negeri ginseng. 

Untuk menjaga momentumnya, Kia telah mengonfirmasi akan memperluas jangkauannya ke hampir 200 kota di India dengan 350 titik penjualan, dilansir dari Gaadiwaadi.

Selain itu, merek tersebut mengatakan, akan memperkuat lineup domestiknya dengan penambahan kendaraan baru pada awal 2022. Yakni, varian MPV yang sudah terlihat uji coba di jalanan.

Baca Juga: KIA luncurkan tiga varian All New Kia Seltos di Indonesia

Penerus Kia Seltos diprediksi bernama Kia KY yang akan diluncurkan di India

Secara internal, mobil Kia terbaru yang diberi nama kode KY tersebut akan ditempatkan di bawah Kia Karnaval. Artinya, mobil ini akan bersaing dengan Suzuki Ertiga dan Toyota Kijang Innova.

Kia KY ini didasarkan pada arsitektur yang sama dengan SUV lima tempat duduk ukuran sedang, Kia Seltos. Mobil ini juga akan dijual di pasar internasional, terbukti dari spy shot yang dirilis di pasar asalnya, Korea Selatan.

MPV tujuh tempat duduk ini memiliki panjang keseluruhan 4,5 meter dan membawa muatan lokal yang berat dengan harga yang bersaing. Sama seperti Kia Seltos, penggerak dapat tersedia dalam jangkauan yang luas untuk menarik banyak pelanggan.

Baca Juga: Sosok mobil listrik Kia EV6 tampil pertama kali, bakal punya varian bertenaga

Bocoran Kia KY, penerus Kia Seltos dan Kia Sonet

Prototipe uji Kia KY menunjukkan ada siluet berbentuk kotak, yang sejalan dengan teaser yang dipamerkan di acara tersebut. Sorotan lainnya adalah kluster headlamp, lampu LED Daytime Running, logo Kia baru.

Kia KY akan dilengkapi dengan velg 16 inci yang menggunakan karet MRF Wanderer, dan pilar tinggi memastikan ruang bagi penumpang.

Diprediksi sama dengan Hyundai Alcazar yang akan datang, Kia KY dapat dilengkapi dengan mesin bensin empat silinder 2.0 liter. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 159 horsepower dan torsi puncak 192 Nm.

Selain itu, ada juga Kia KY dengan mesin diesel empat pot turbo 1,5 liter yang digunakan di Seltos. Mesin ini dapat berjalan hingga tenaga 115 horsepower dan 250 Nm. Baik manual enam percepatan dan konverter torsi enam percepatan AT bisa ditawarkan.

Selanjutnya: Kia Sonet diproyeksi jadi tulang punggung penjualan KIA di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru