Film

Kisah mentor Bruce Lee (Ip Man) dan empat aktor yang memerankan dirinya di film

Jumat, 03 Januari 2020 | 11:07 WIB Sumber: South China Morning Post
Kisah mentor Bruce Lee (Ip Man) dan empat aktor yang memerankan dirinya di film

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Guru Bruce Lee, Ip Man, telah menjadi bintang dalam dirinya sendiri. Pada tahun-tahun setelah kematian Lee, segudang peniru muncul mencoba mengenakan mantel sang ikon, dengan menggunakan nama seperti Bruce Li dan Bruce Le. Sementara, pria yang memiliki peranan penting dalam mengajar seni bela diri kepada Bruce Lee sebagian besar dilupakan selama bertahun-tahun.

Namun semua itu berubah pada tahun 2008. Sejak kinerja tituler Donnie Yen dalam film hit Ip Man, telah ada banyak film tentang master wing chun, yang menampilkan beberapa aktor terbaik Hong Kong. Inilah orang-orang yang telah memerankan individu Ip Man, yang sekarang menjadi ikon selama 11 tahun terakhir.

Baca Juga: Ip Man 4: The Final sudah tayang di bioskop

Donnie Yen - seri Ip Man

Pria yang memulai semuanya. Bulan ini melihat rilis Ip Man 4: The Finale, merupakan yang keempat kalinya Yen memerankan karakter ini. Ini menjadi peran penentu karier bagi Yen, yang baru benar-benar lulus masuk ke daftar-A artis Hong Kong setelah kesuksesan seri ini. Daging seni bela diri Yen tidak pernah dipertanyakan, tetapi bahkan ketika sampai pada akting ia sempurna untuk peran ini, mampu secara meyakinkan menggambarkan seorang pria yang rendah hati dan terhormat yang bersedia untuk menghadapi kebrutalan prajurit Jepang yang jahat di film pertama.

Baca Juga: Putri Bruce Lee menggugat gerai rumah makan China senilai Rp 420 miliar, ini sebabnya

Dennis To - The Legend is Born: Ip Man

Melompati kereta Ip Man setelah Ip Man 2, The Legend is Born berfokus pada kehidupan awal sang master di Foshan sebelum ia pindah ke selatan. Sayangnya, peran Dennis To tidak sedahsyat Donnie Yen dalam memerankan Ip Man. Terkesan hambar dan ditakdirkan untuk menjadi catatan kaki dalam skema hal yang lebih besar. Potongan-potongan seni bela diri To tidak mengerikan meskipun pria itu adalah atlet seni bela diri yang bonafid, pemenang medali di Asian dan East Asian Games masing-masing pada tahun 2002 dan 2005. Akan tetapi, ia tidak memiliki pesona dan karisma Yen, sehingga membuat aktingnya menjadi agak lemah saat memerankan Ip Man.

Baca Juga: 5 Film superhero paling laku di dunia

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru