Otomotif

Komparasi SUV 5-seater, pilih Toyota Corolla Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:12 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Komparasi SUV 5-seater, pilih Toyota Corolla Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

ILUSTRASI. Komparasi mobil SUV 5-seater, pilih Toyota Corolla Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran segmen mobil sport utility vehicle (SUV) menambah jumlah mobil yang ramah di berbagai medan. Persaingan SUV di Indonesia semakin ramai dengan kemunculan mobil-mobil baru, seperti Toyota Corolla Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross.

Toyota Corolla Cross baru meluncur pada 6 Agustus 2020 di Indonesia. Kehadiran Toyota Corolla Cross bergesekan langsung dengan posisi Mitsubishi Eclipse Cross yang lebih dulu mengaspal di jalanan negara kita, sejak 2019 lalu.

Datang ke Indonesia, Toyota Corolla Cross memiliki dua varian: bensin dan hybrid. Sedangkan Mitsubishi Eclipse Cross hanya satu tipe, mesin bensin.

Untuk melihat perbandingan keduanya, bisa melongok Toyota Corolla Cross 1.8L dan Mitsubishi Eclipse Cross 1.5L. Keduanya sama-sama bermain di range harga di bawah Rp 500 juta. 

Sebagai mobil 5-seater, Toyota Corolla Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross memiliki spesifikasi yang sama-sama mumpuni. Penasaran dengan spesifikasi kedua mobil tersebut?

Baca Juga: Simak komparasi mid-size MPV mewah, pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy?

Yuk, simak perbandingan antara Toyota Corolla Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross:

1. Eksterior

Toyota Corolla Cross

Kedua mobil ini punya bodi yang gahar dengan desain mewah di kelas SUV. Perbedaan di bagian gril cukup mencolok.

Toyota Corolla Cross hadir dengan gril pori-pori yang termasuk baru di kalangan mobil Toyota. Sedangkan Mitsubishi Ecplise Cross mengadopsi gril besar khas seri Mitsubishi lainnya.

Dari bagian depan, kedua mobil sama-sama disematkan foglamp dan lubang udara. Nuansa chrome di bagian gril juga sangat kental di kedua mobil tersebut.

Mitsubishi Eclipse Cross

Berpindah ke sisi samping, terlihat perbedaan pada penyematan lampu sein di spion yang tidak terlihat di Mitsubishi Eclipse Cross.

Dari segi ground clearance, Toyota Corolla Cross memiliki tinggi 161 mm sementara Mitsubishi Eclipse Cross 183 mm. Tentu, untuk berjalan di jalan terjal Eclipse lebih unggul dengan ketinggian yang cukup.

Baca Juga: Pilih mana mobil LCGCI ini: Toyota Agya atau Honda Brio Satya?

2. Interior

Di sisi interior, kedua mobil memiliki keluasan yang hampir sama. Toyota Corolla Cross punya lebar 1.825 mm dan panjang 4.460mm.

Sedang Mitsubishi Eclipse Cross mempunyai lebar 1.805mm dan panjang 4.405mm. Dari ukuran tersebut, Toyota Corolla Cross memiliki keunggulan dari luasan kabin.

Interior Corolla Cross

Di bagian dashboard, kedua mobil menampilkan kesan mewah dengan ornamen yang disematkan. Keduanya sama-sama punya monitor dalam headunit.

Fitur unggulan di Toyota Corolla Cross memiliki layar 9 inci dengan NFC. Sedangkan Mitsubishi Eclipse Cross mempunyai layar dengan ukuran 7 inci.

Uniknya, pada Eclipse sudah dibekali Touchpad Controller di sisi kemudi. Ditambah juga Head-Up Display untuk membantu pengemudi melihat informasi jalan.

Mitsubishi Eclipse Cross

Di bagian jok, kedua mobil juga menggunakan bahan kulit yang berkualitas. Dalam sisi muatan bagasi juga memiliki keluasan yang cukup lapang.

Pada Toyota Corolla Cross ada tambahan fitur Kick Sensor yang berkemampuan untuk membuka bagasi dengan gerakan kaki.

Baca Juga: Harga mobil bekas hatchback sudah murah, ada Mazda 2 mulai Rp 80 juta

3. Performa mesin

Di sisi mesin, kedua mobil memiliki kapasitas mesin yang berbeda. Toyota Corolla Cross mengandalkan mesin LZ2R-FE 1.798 cc dengan tenaga 140 horsepower dan torsi sebesar 177 Nm.

Mitsubishi Eclipse Cross dibekali mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.499cc dengan tenaga 150 horsepower dan torsi 250 Nm. Tentu, tidak jauh berbeda jika melihat kekuatan mesin yang dihasilkan.

Dari sisi transmisi, Mitsubishi Eclipse Cross memiliki teknologi CVT 8-percepatan, sedangkan Toyota Corolla Cross menggunakan transmisi CVT dengan 7-percepatan. 

4. Fitur keselamatan

Kedua mobil mendapat bekal fitur 7 SRS Airbags yang tersebar di bagian depan dan sisi samping mobil. Fitur sabuk pengaman pada Mitsubishi Eclipse Cross lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Corolla Cross.

Sabuk pengaman Mitsubishi Eclipse Cross sudah dilengkapi teknologi ELR. Namun, kedua mobil itu sudah dibekali ISOFIX dan Child Safety Locks.

Di fitur pengereman, keduanya memiliki teknologi Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Lalu, kedua mobil sama-sama dibekali sensor parkir, rearview camera, blindspot monitor, sistem stabilitas mobil, dan Uphill & Downhill Assist Control

Baca Juga: Mulai Rp 120 juta, harga mobil bekas Suzuki Ertiga

Pada Toyota Corolla Cross ada Toyota Safety Sense, Pre-Collision System, dan Lane Departure Alert with Steering Assist.

Dari segi fitur utama, Mitsubishi Eclipse Cross lebih unggul dengan kecanggihan, seperti headup display dan touchpad untuk pengemudi. Sedang Toyota Corolla Cross unggul dalam fitur hiburan yang cukup lengkap dengan tambahan layar lebih besar yang terintegrasi NFC.

Di sisi mesin, kedua mobil memiliki kekuatan yang tidak jauh berbeda. Pada fitur keselamatan, Toyota Corolla Cross dan Mitsubishi Eclipse Cross sudah cukup mumpuni dan lengkap di kelas SUV dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Untuk harga, mengutip situs resmi Toyota dan Mitsubishi, banderol harga per Agustus 2020 untuk Toyota Corolla Cross 1.8 CVT sebesar Rp. 457.000.000 dan Mitsubishi Eclipse Cross 1.5 CVT sebesar Rp 484.650.000.

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru