Otomotif

Simak komparasi mid-size MPV mewah, pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy?

Selasa, 04 Agustus 2020 | 16:43 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Simak komparasi mid-size MPV mewah, pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy?

ILUSTRASI. Simak komparasi mid-size MPV mewah, pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran All New Nissan Serena pada di 2019 meramaikan pasar mid-size MPV mewah. Ini merupakan Nissan Serena generasi kelima dan bersaing dengan Toyota Voxy. Sedangkan Toyota Voxy rilis di 2013 sebagai penerus dari Toyota Nav1.

All New Nissan Serena menyajikan pilihan varian yang sama seperti generasi sebelumnya. Mulai dari X-Grade hingga yang tertinggi Highway Star (HWS). Sedangkan Toyota tidak menghadirkan pilihan varian untuk Voxy.  

Pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy? Simak dulu spesifikasinya sebelum menentukan pilihan.

Baca Juga: Harga di bawah Rp 100 Juta, ini deretan mobil bekas MPV captain seat 

1. Eksterior

Toyota Voxy

Di sisi eksterior, keduanya memiliki kesamaan, yakni bentuk yang serupa. Salah satunya, model bodi belakang yang membentuk sudut siku-siku. 

Pada bagian depan, All New Nissan Serena memiliki konsep V-Shape khas mobil Nissan lainnya.  Sedangkan Toyota Voxy punya konsep seperti Toyota Alphard yang memainkan warna gril hitam dan chrome.

Desain lampu kedua mobil MPV ini juga mempunyai kesamaan, yaitu penambahan list tebal yang membelah headlamp. Dari segi fitur, baik Nissan Serena ataupun Toyota Voxy dibekali sliding door yang sama.

Nissan Serena

2. Interior

Dari sisi fitur, Nissan Serena atau Toyota Voxy sama-sama memiliki layar sentuh dengan berbagai fitur hiburan di panel instrumen audio. Perbedaan salah satunya yakni fitur moonroof. 

Nissan Serena tidak disematkan fitur tersebut. Sedangkan Toyota Voxy dilengkapi dengan dua moonroof sekaligus. Hal ini menimbulkan kesan yang lebih mewah bagi Toyota Voxy.

Baca Juga: Harga mobil baru Fortuner & Rush Agustus diskon hingga Rp 30 juta, ini syaratnya

 Toyota Voxy

Pada bagian kursi, kedua mobil sama-sama memiliki fitur captain seat yang cukup mewah yang dilengkapi dua buah armrest. Selain itu terdapat kesamaan lain yakni tambahan meja yang dapat dilipat di dalam kabin mobil.

Nissan Serena

3. Performa mesin 

Mesin yang digunakan Nisan Serena masih sama dengan Serena C26, generasi sebelumnya, yakni mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.997cc (2.L). Terdapat peningkatan daya dari mesin ini, sehingga menghasilkan 150 horsepower dan torsi maksimal mencapai 199 Nm.

Sedangkan Toyota Voxy memiliki mesin 3ZR-FAE dengan kapasitas 1.987 cc berdaya maksimal sebesar 152 horsepower dan torsi maksimal 193 Nm.

Transmisi kedua mobil ini dilengkapi dengan transmisi CVT dengan perpindahan gigi yang halus. 

4. Dimensi

Nissan Serena memiliki ukuran yang lebih besar dengan (P x L x T), 4.770 mm x 1.740 mm x 1.865 mm. Sementara Voxy 4.710 mm x 1.735 mm x 1.835 mm.

Untuk wheelbase, Serena juga unggul dengan ukuran 2.860 mm, dan Voxy di angka 2.850 mm. Melihat ukurannya, Nissan Serena memiliki ruang yang luas dibanding dengan Toyota Voxy.

Baca Juga: MPV mewah kian terjangkau, harga mobil bekas Honda Odyssey mulai Rp 110 juta

5. Fitur keselamatan

Sebagai mid size MPV, baik Serena maupun Voxy dilengkapi fitur keselamatan lengkap. Nissan Serena memiliki fitur touchless sliding door, bagi penumpang di baris kedua bisa membuka pintu dengan foot sensor hanya dengan satu gerakan.

Selain itu, Nissan Serena juga menghadirkan kepraktisan dual back door. Untuk membuka pintu belakang dengan dua pilihan, yaitu setengah pintu atau full satu pintu.

Tidak hanya itu, ada fitur Around View Monitor pada Serena Highway Star, yakni kamera untuk memonitor seputar bodi kendaraan. Fitur ini diambil dari Nissan Elgrand yang dapat memantau titik buta atau blind spot di bagian belakang maupun bagian depan mobil.

Namun, Nissan Serena belum dibekali dengan vehicle stability control (VSC) dan hill start assist, seperti pada Toyota Voxy.

Nissan Serena juga dilengkapi dengan tujuh USB port yang memungkinkan penumpang untuk mendapat akses dalam berkoneksi maupun untuk charging di dalam mobil.

Baca Juga: Dengan Rp 50 jutaan, bisa bawa pulang mobil bekas Nissan Serena 

Dari segi mesin, Toyota Voxy sedikit lebih unggul dengan kekuatan yang sedikit lebih besar. Di sisi kemewahan, eksterior Voxy boleh unggul namun fitur Nissan Serena dapat bersaing dengan baik.

Dari fitur keselamatan, Nissan Serena cocok untuk dipakai sebagai city car dengan mode stip and go. Sedangkan Toyota Voxy dilengkapi fitur stabiltas yang memungkinkan menakluki tanjakan yang lebih baik. 

Untuk harga, mengutip situs resmi Toyota dan Nissan,  banderol Toyota Voxy sebesar Rp 491.000.000 sementara Nissan Serena Highway Star Rp 481.000.000.

 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru