Pilih mana mobil LCGCI ini: Toyota Agya atau Honda Brio Satya?

Kamis, 06 Agustus 2020 | 05:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Pilih mana mobil LCGCI ini: Toyota Agya atau Honda Brio Satya?


PERSAINGAN MOBIL - JAKARTA. Kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) menambah segmen baru sebagai mobil ramah lingkuran dan irit bahan bakar. Kiprah LCGC di Indonesia sudah diawali dengan munculnya beberapa varian hatchback yang dibanderol harga miring seperti, Toyota Agya dan Honda Brio.

Hingga tahun 2020, masing-masing pabrikan tersebut terus memperbarui varian LCGC andalan mereka.  Toyota Agya memiliki varian tertinggi yakni, Toyota Agya G TRD A/T. Sedangkan Honda Brio memiliki varian tertinggi di seri E yakni Honda Brio Satya E CVT. Kedua mobil tersebut bersaing di rentang harga yang sama yakni Rp 170 juta. Tentu penasaran dengan komparasi dari kedua mobil tersebut.

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Agya mulai Rp 70 Juta, ingat-ingat spesifikasinya

Yuk, simak perbandingan antara Toyota Agya dan Honda Brio Satya:

1. Eksterior

Kedua mobil ini dihadirkan dengan bodi yang mungil, sehingga memiliki pengendalian yang cukup apik di jalanan. Dari bagian depan, kedua mobil sama-sama disematkan foglamp dan lubang udara.  Nuansa chrome di bagian gril juga sangat kental di kedua mobil tersebut.

Toyota Agya TRD

Berpindah di sisi samping terlihat perbedaan yakni penyematan lampu sein pada spion yang tidak terlihat di Honda Brio Satya.

Honda Brio Satya

Dari segi ground clearance, Toyota Agya memiliki tinggi 1.520 mm sedangkan Honda Brio Satya lebih rendah yakni, 1.485 mm. Tentu untuk berjalan di jalan terjal Agya lebih unggul didukung juga dengan konsep sporty dan ground clearance.

2. Interior

Di sisi interior kedua mobl memiliki keluasan yang hampir sama. Toyota Agya memiliki lebar 1.600 mm dan panjang 3.660mm. Sedangkan Honda Brio Satya memiliki lebar 1680mm dan panjang 3.800mm. Dari ukuran tersebut dapat diketahui bahwa Honda Brio Satya memiliki keunggulan dari luasan kabin.

Interior Agya

Di bagian dashboard, kedua mobil menampilkan kesan mewah dengan bahan plastik yang dipakai. Kedua mobil sama-sama memainkan paduan warna hitam dan silver pada head unit. Di bagian jok kedua mobil juga menggunakan bahan fabric yang berkualitas. Kedua mobil juga disematkan dominan warna hitam di seluruh interiornya.  Toyota Agya dan Honda Brio Satya sama-sama menampung penumpang hingga 5 orang.

Interior Honda Brio

Di sisi fitur hiburan, Toyota Agya sudah dilengkapi layar touchscreen pada head unit sedangkan Honda Brio masih menggunakan panel audio pada umumnya.

3. Performa Mesin

Di bagian mesin kedua mobil menggunakan mesin yang sama yakni berkapasitas 1.2 L. Toyota Agya mengandalkan mesin NR 1.197 cc dengan tenaga 88 horsepower dan torsi sebesar 108 Nm. Sedangkan untuk Honda Brio Satya dibekali mesin L12B 1.199cc dengan tenaga 90 horsepower dan torsi 100 Nm.

Dari sisi transmisi, Honda Brio Satya memiliki teknologi CVT, sedangkan Toyota Agya tipe tertinggi menggunakan transmoso otomatis 4 percepatan.

4. Fitur Keselamatan

Kedua mobil telah dibekali fitur dual SRS Airbags. Fitur sabuk pengaman pada Honda Brio Satya lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Agya. Sabuk pengaman Honda Brio Satya sudah dilengkapi teknologi Emergency Locking Retracktor (ELR). Namun, keduanya sudah dibekali ISOFIX dan Child Safety Locks.

Baca Juga: Simak komparasi mid-size MPV mewah, pilih Nissan Serena atau Toyota Voxy?

Di fitur pengereman keduanya sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS). Tambahan fitur pada Honda Brio Satya sudah dilengkapi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), sedangkan Toyota Agya belum disematkan EBD. 

Dari segi mesin dan transmisi, Honda Brio Satya lebih ungul dengan teknologi CVT dan kekuatan melaju yang lebih besar. Sedangkan Toyota Agya unggul dalam fitur hiburan yang cukup lengkap dengan tambahan layar sentuh. 

Untuk harga, mengutip situs resmi Toyota dan Honda per Agustus 2020 yakni Toyota Agya G TRD A/T sebesar Rp 169.290.000. Sedangkan Honda Brio Satya E CVT dibanderol Rp 170.100.000.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru