Konser Taylor Swift di Inggris Diperkirakan Mendongkrak Ekonomi Sebesar £300 Juta

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:52 WIB   Reporter: Handoyo
Konser Taylor Swift di Inggris Diperkirakan Mendongkrak Ekonomi Sebesar £300 Juta

ILUSTRASI. Pertunjukan terakhir Taylor Swift dalam Tur Era di Inggris diperkirakan akan mendongkrak ekonomi sebesar ?300 juta. (AAP Image/Joel Carrett)


KONSER MUSIK - JAKARTA. Konser terakhir Taylor Swift dalam Tur Era di Inggris diperkirakan akan mendongkrak ekonomi sebesar £300 juta, demikian diungkapkan oleh pejabat setempat.

Bintang asal Amerika Serikat ini akan tampil dalam tiga konser di Stadion Wembley London pada Jumat, Sabtu, dan Minggu ini - sebelum kembali ke tempat yang sama pada bulan Agustus untuk lima pertunjukan tambahan.

Konser yang sudah terjual habis ini akan dihadiri oleh total hampir 640.000 penonton.

Otoritas Greater London (GLA) memperkirakan para penggemar akan menghabiskan rata-rata £471 per pertunjukan, dengan banyak yang datang dari berbagai belahan dunia atau bagian lain di dalam negeri untuk menyaksikannya.

Baca Juga: Konser Taylor Swift Berpotensi Dorong Bank Sentral Tunda Penurunan Suku Bunga

Walikota ibu kota Sadiq Khan mengatakan ia senang melihat Taylor Swift, yang berusia 34 tahun, akan tampil lebih banyak di London daripada di kota lain di dunia selama Tur Eranya.

Ia mengatakan konser-konser tersebut akan memberikan dorongan besar bagi industri perhotelan kami dan membuktikan bahwa London adalah kota terbaik di dunia untuk menonton musik live.

Ini terjadi setelah penampilan penyanyi tersebut di Edinburgh, Liverpool, dan Cardiff bulan ini.

Pejabat di London bersemangat untuk memanfaatkan antusiasme kedatangan Swift.

Transport for London mengatakan akan mengubah nama beberapa stasiun Tube dalam peta khusus untuk menghormatinya, sementara Mr. Khan juga telah mengungkapkan mural sang penyanyi di Spanish Steps di luar Stadion Wembley.

Baca Juga: Taylor Swift Rajai Tangga Lagu AS dengan "The Tortured Poets Department"

GLA mengatakan perkiraan ekonominya didasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh badan pariwisata UKInbound.

Studi sebelumnya mengklaim bahwa pertunjukan Swift akan memiliki dampak yang lebih besar lagi - dengan Barclays memprediksi bahwa para penggemar akan mengeluarkan total hampir £1 miliar selama 15 pertunjukan di Inggris.

Namun demikian, beberapa komentator mempertanyakan klaim-klaim tersebut.

George Moran, seorang ekonom di bank Jepang Nomura, menyatakan keraguan atas manfaat bersih dari tur ini, dengan mengatakan bahwa ia percaya beberapa penggemar akan membatasi pengeluaran mereka di bidang lain untuk bisa menghadiri konser tersebut.

"Kami pikir ide ini sudah terlalu dibesar-besarkan, terutama untuk ekonomi seperti Inggris," kata dia kepada The Guardian bulan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru