Musik

Korea Selatan sahkan UU yang memungkinkan BTS menunda wajib militer

Rabu, 02 Desember 2020 | 09:59 WIB   Penulis: Mega Putri
Korea Selatan sahkan UU yang memungkinkan BTS menunda wajib militer

Grup K-Pop BTS berpotensi menunda wajib militernya di Korea Selatan.


KONTAN.CO.ID - Grup BTS dari Big Hit Entertainment mendapatkan kesempatan untuk menunda wajib militer. Kesempatan BTS menunda wajib militer muncul karena adanya peraturan baru. 

Melansir Soompi, Korea Selatan pada Selasa (1/12) mengesahkan Undang-Undang yang memperbolehkan artis menunda wajib militer hingga usia 30 tahun. Sebelumnya, batas maksimal pria Korea Selatan memulai wajib militer adalah usia 28 tahun. 

Menurut peraturan baru tersebut, artis yang mendapatkan kesempatan menunda wajib militer adalah artis-artis yang memperoleh rekomendasi dari Menteri Kebudayaan Olahraga, dan Pariwisata. 

Baca Juga: Paul McCartney puji BTS, bandingkan dengan The Beatles di masa muda

Korea Selatan memberikan keringanan menunda wajib militer bagi yang berhasil mengharumkan nama negara hingga kancah internasional seperti pekerja seni hingga atlet berprestasi yang meraih medali di Olimpiade atau Asian Games. 

BTS bisa menunda wajib militer

Jika melihat BTS sebagai grup K-Pop pertama yang mendapatkan Order of Cultural Merit dari kementerian pada tahun 2018, peluang menunda wajib militer tampak terbuka untuk mereka.

BTS sendiri saat ini menjadi artis K-Pop populer yang telah memberikan efek positif bagi perekonomian dan budaya Korea Selatan ke seluruh dunia. Tidak lupa, BTS juga meraih sederet rekor baru di persaingan musik global. 

BTS berpotensi menunda wajib militer di Korea Selatan.

Belum lama ini, BTS masuk nominasi Grammy Awards 2021. Album terbaru BTS yang bertajuk BE juga memuncaki Billboard 200 dengan title track Life Goes On di posisi pertama Billboard Hot 100.

BTS mungkin akan menjadi artis K-Pop pertama yang menunda wajib militer berdasarkan peraturan ini. Namun, member BTS sebelumnya telah mengungkapkan, mereka siap menjalani wajib militer jika memang sudah waktunya tiba. 

Ditundanya jadwal wajib militer BTS dapat memberi kesempatan lebih lama untuk grup ini menguatkan karier dan menorehkan rekor baru. Kesuksesan BTS akan memberikan pengaruh positif bagi perekonomian maupun citra Korea Selatan di dunia.

Selanjutnya: BTS masuk nominasi Grammy Awards 2021, ini reaksi heboh & ucapan terima kasih member

Editor: Mega Putri
Terbaru