Sport

Kualifikasi MotoGP Styria: Valentino Rossi crash, Pol Espargaro raih pole position

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 21:15 WIB Sumber: BolaSport
Kualifikasi MotoGP Styria: Valentino Rossi crash, Pol Espargaro raih pole position

ILUSTRASI. Pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi. REUTERS/Lisi Niesner

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro, sukses mengukir sejarah setelah meraih posisi start terdepan alias pole position pertamanya pada balapan MotoGP.

Status pole sitter diraih Pol Espargaro setelah mencatat waktu putaran tercepat, 1 menit 23,580 detik, pada sesi kualifikasi MotoGP Styria 2020 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Sabtu (22/8/2020).

Espargaro mengungguli Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Johann Zarco (Reale Avintia Racing) yang secara berurutan menempati posisi start kedua dan ketiga pada balapan MotoGP Styria 2020. Sementara itu, para pembalap tim papan atas yakni Honda, Yamaha, dan Ducati, gagal menembus barisan depan start.

Bahkan, Valentino Rossi yang membalap untuk tim Monster Energy Yamaha gagal lolos ke sesi kualifikasi kedua alias Q2 setelah mengalami crash pada Q1.

Baca Juga: Link live streaming MotoGP Styria akhir pekan ini, Ducati dan KTM siap rebutan podium

Jalannya sesi kualifikasi MotoGP Stryia 2020

Sesi kualifikasi MotoGP Styria 2020 dimulai dengan pembagian pembalap yang masuk Q1 dan Q2. Ada 12 pembalap yang memasuki Q1 memulai sesi kualifikasi terlebih dahulu. Dalam sesi 15 menit tersebut, semua pembalap langsung mencoba untuk meraih time attack terbaik.

Persaingan ketat sudah dimulai sejak sesi Q1 dimulai, semua pembalap beradu untuk mencari posisi start terbaik dalam balapan Minggu (23/8/2020). Dalam tujuh menit sesi dimulai, Danilo Petrucci menjadi yang pertama dalam sesi Q1.

Posisinya kemudian diikuti oleh Johann Zarco dan Brad Binder di belakangnya. Sementara Valentino Rossi masih belum bisa berbicara banyak saat Q1. Jelang berakhirnya sesi Q1, persaingan menjadi semakin ketat.

Semua pembalap saling menggusur satu sama lain untuk meraih waktu lap tercepat. Valentino Rossi kemudian mendapati kecelakaan saat sesi Q1 akan berakhir di tikungan kesembilan. Sesi Q1 berakhir dengan Johann Zarco menempati tempat pertama dan Danilo Petrucci menempelnya.

Editor: Handoyo .


Terbaru