Kualitas layar iPhone 12 Pro akan dikorbankan akibat masalah pasokan

Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:40 WIB Sumber: Gizchina
Kualitas layar iPhone 12 Pro akan dikorbankan akibat masalah pasokan


APPLE - TEXAS. Salah satu seri HP paling ditunggu tahun ini, yakni iPhone 12, akan segera dirilis pada bulan Oktober mendatang. Sayangnya kabar terbaru mengatakan kalau kualitas layar dari HP ini tidak akan maksimal.

Layar dari iPhone 12 diharapkan memiliki kemampuan refresh rate 120Hz seperti kebanyakan HP flaghsip yang rilis tahun ini. Tapi, menurut analis industri Ross Young, Apple kemungkinan batal melengkapi layar iPhone 12 dengan refresh rate 120Hz.

Dalam cuitannya di media sosial Twitter, Ross mengatakan bahwa panel layar OLED 120Hz sudah siap diproduksi. Tapi, Apple tampaknya tidak dapat menemukan IC Driver untuk menggerakkan piksel pada 120Hz.

Karena masalah pasokan komponen ini, Apple akan merilis iPhone 12 dengan refresh rate 60Hz daripada harus menunggu produksi IC Driver.

Apple tidak ingin jika perilisan iPhone 12 harus ditunda lagi hanya demi menunggu ketersediaan IC Driver yang akan meningkatkan performa layar.

Baca Juga: Apple disebut bakal berhenti produksi iPhone 11 Pro setelah iPhone 12 dirilis

Jika kabar ini benar, maka ini akan membuat penggemar Apple di seluruh dunia sangat kecewa. Saat ini refresh rate di level 120Hz sudah menjadi standar baru untuk HP kelas flagship. Bahkan beberapa HP Android sudah ada yang mulai hadir dengan refresh rate mencapai 144Hz.

Walaupun tidak akan mendapatkan dukungan refresh rate tinggi, tapi Apple tetap menjanjikan performa mesin terbaik untuk iPhone 12. Termasuk chipset 5nm baru dari Apple dan tentunya konektivitas 5G.

Laporan terbaru juga mengatakan kalau  Apple akan berhenti memproduksi sejumlah seri iPhone lawas setelah iPhone 12 dirilis.

Dilansir oleh Gizchina, beberapa seri iPhone lawas yang akan berhenti diproduksi nantinya adalah iPhone XR, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Sebagai gantinya, Apple akan berfokus pada penjualan iPhone SE 2020 sebagai alternatif untuk menggantikan iPhone XR, karena memiliki performa yang nyaris serupa.

Langkah seperti ini juga sudah dilakukan oleh Apple tahun lalu ketika merilis iPhone 11. Saat itu Apple juga menghentikan produksi iPhone XS dan iPhone XS Max yang bisa dibilang kurang berhasil di pasaran.

Di sisi lain, iPhone XR saat itu masih tetap diproduksi karena menerima sambutan yang sangat positif di pasaran, menjadi salah satu seri iPhone terlaris dalam setahun terakhir. Sayangnya sejak iPhone 11 dirilis, posisi iPhone XR mulai tergantikan. Atas dasar ini juga lah yang membuat Apple akan menghentikan produksinya.

Baca Juga: Rumor terbaru, Samsung akan hapus seri Galaxy Note mulai tahun depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru