Kubur Mimpi Inggris dalam drama adu pinalti, Italia Juara Euro 2020

Senin, 12 Juli 2021 | 07:35 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Kubur Mimpi Inggris dalam drama adu pinalti, Italia Juara Euro 2020

ILUSTRASI. Timnas Italia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Italia berhasil mengubur impian Inggris menjadi juara Piala Eropa (Euro) untuk pertama kalinya. Tampil di depan publik sendiri, The Three Lions ditekuk Gli Azzurri lewat drama adu pinalti.

Tapi Italia tak menang dengan mudah. Tampil di depan publik sendiri yang memadati Stadion Wembley, Senin (12/7) dini hari WIB,. pasukan Gareth Southgate langsung tancap gas di awal laga.

Tak butuh waktu lama, The Three Lions mencuri gol cepat lewat sepakan dari Luke Shaw yang menyambar umpan silang dari Kieran Trippier pada menit ke-2. Ini menjadi gol tercepat dalam sejarah pada partai final Piala Eropa.

Baca Juga: Raih sepatu emas, Cristiano Ronaldo pimpin daftar top skor Euro 2020

Tersengat oleh gol kilat Inggris, Italia agresif menggedor lini belakang lawan. Tapi squad Tiga Singa tak mau puas dengan keunggulan yang ada. Jual beli serangan pun terjadi pada babak pertama.

Tampil lebih dominan, pada lima menit terakhir Italia mengurung lini belakang Inggris. Namun solidnya pertahanan pasukan Tiga Singa belum mampu ditembus Gli Azzurri. Skor 1-0 bertahan hingga wasit asal Belanda Bjorn Kuipers menyudahi babak perdana.

Pada babak kedua, Italia langsung memburu gol.  Si Biru mendapat kesempatan saat dihadiahi tendangan bebas di tepi kotak pinalti, buah dari pelanggaran yang dilakukan Raheem Sterling terhadap Lorenzo Insigne pada menit ke-49.

Sayang, tendangan bebas yang diambil sendiri oleh penyerang Napoli itu melambung dari gawang Jordan Pickford.

Tak lama berselang, pada menit ke-54 Insigne kembali mendapatkan peluang saat melepas tendangan dari jarak dekat. Beruntung Pickford tampil gemilang menahan sepakan tersebut.

Tampil menekan, Italia kembali membuat lini belakang Inggris ketar ketir. Pada menit ke-61 Federico Chiesa mampu melontarkan tembakan yang mengancam. Tapi Pickford tampil prima dengan menipis tendangan pemain Juventus itu.

Benteng pertahanan Inggris akhirnya runtuh juga. Gempuran pasukan Roberto Mancini membuahkan hasil pada menit ke-67 saat Leonardo Bonucci berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Inggris.

Baca Juga: Hasil Final Euro 2020: Menang adu penalti 3-2 dari Inggris, Italia jadi juara Eropa!

Editor: Yudho Winarto

Terbaru