Kucing Anda baru melahirkan? Ini umur ideal anak kucing diberikan vaksin

Jumat, 17 Juli 2020 | 11:21 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kucing Anda baru melahirkan? Ini umur ideal anak kucing diberikan vaksin


HOBI - JAKARTA. Kucing Anda baru melahirkan anak kucing yang lucu dan menggemaskan? Anda sebaiknya mulai menghitung hari dan bersiap membawa anak kucing ke dokter untuk di vaksin.

Kucing jadi salah satu hewan peliharaan favorit masyarakat. Tidak heran, kucing memiliki wajah dan tingkah yang menggemaskan. Tidak hanya itu, beberapa jenis kucing memiliki bulu yang indah. 

Umumnya, para penggemar kucing memelihara dua ekor kucing, satu ekor kucing betina dan satu ekor kucing jantan. Harapannya, agar kucing tidak kesepian dan mempunyai anak kucing yang lucu. 

Baca Juga: Ingin pelihara anak kucing? Simak dulu tips merawat anak kucing berikut ini

Apakah kucing Anda sudah melahirkan anak-anak kucing yang imut dan menggemaskan? 

Bila sepasang kucing peliharaan Anda sudah melahirkan anak kucing, sebaiknya Anda segera ambil bolpoin dan kalender. Anda harus mulai menghitung usia anak kucing sebelum di vaksin.

Mengutiup dari Kompas.com, idealnya anak kucing diberikan suntikan vaksin saat berusia minimal delapan minggu. Alasannya, antibodi yang diberikan induk kepada anak kucing melalui ASI mulai menurun. 

Selain itu, saat berumur delapan minggu anak kucing masuk dalam tahap melepas sapih. 

Vaksin berkala 

Anak kucing harus melalui vaksin beberapa kali. Setelah melewati vaksin pertama di usia delapan minggu, anak kucing harus kembali divaksin pada usia 12 minggu. 

Terakhir, anak kucing wajib kembali diberi suntikan vaksin pada usia 16 minggu. Sekedar info, anak kucing wajib diberikan vaksin secara berkala agar mempunyai antibodi maksimal. 

Artinya, agar anak kucing bisa tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai ancaman virus. 

Mengutip dari situs Royal Canin, anak kucing wajib diberikan vaksin yang bisa mencegahnya dari virus yang menyebabkan flu kucing, muntah, diare, dan virus yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. 

Dokter hewan akan memberikan saran dan jadwal vaksin untuk anak kucing Anda. Saran tersebut akan disesuaikan dengan gaya hidup dan lingkungan tempat tinggal anak kucing.   

Baca Juga: Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru